Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Komitmen Terhadap Kesehatan Lansia, Rumah Zakat Lakukan Pengecekan Metabolik Berkala

Selasa 24 May 2022 19:18 WIB

Red: Gita Amanda

Puluhan lansia nampak antusias menghadiri acara pengecekan rutin metabolik yang dilaksanakan Ahad (22/5/2022) pagi, di LKS Pos Lansia Husnul Khotimah Dusun Jetis Kulon, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Puluhan lansia nampak antusias menghadiri acara pengecekan rutin metabolik yang dilaksanakan Ahad (22/5/2022) pagi, di LKS Pos Lansia Husnul Khotimah Dusun Jetis Kulon, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat berkomitmen untuk memperhatikan kesehatan lansia binaanya

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Puluhan lansia nampak antusias menghadiri acara pengecekan rutin metabolik yang dilaksanakan Ahad (22/5/2022) pagi, di LKS Pos Lansia Husnul Khotimah Dusun Jetis Kulon, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Sebelum dilakukan pengecekan kesehatan, para simbah bersemangat menikmati fasilitas taman lansia mulai dari jalan terapi dan berolahraga dengan tiga alat playground serta ayunan.

Ratno fasilitator Rumah Zakat Desa Pacarejo menyampaikan bahwa Program Desa Ramah Lansia bertujuan mewujudkan lingkungan fisik dan sosial untuk memenuhi kebutuhannya agar lansia sehat, aktiv, dan produktif. LKS Pos Lansia Husnul Khotimah yang merupakan salah Lembaga Kesejahteraan Sosial yang bergerak di bidang pelayanan lansia di luar panti yang menjadi binaan Rumah Zakat berkomitmen untuk memperhatikan kesehatan lansia binaanya yang berjumlah 55 lansia dengan melakukan pengecekan kesehatan berupa cek metabolik gula darah, asam urat, dan kolesterol secara berkala.

Baca Juga

Program pemeriksaan kesehatan lansia ini dilakukan setiap satu pekan sekali. Biasanya bertepatan dengan acara majelis taklim lansia Jumat sore bersama KUA Semanu atau Minggu. Setiap pelayanan pemeriksaan kesehatan,para simbah dicek kesehatannya oleh 4 kader lansia yaitu Tami, Sari, Surat, dan Endang.

Dari hasil setiap pengecekan, rata-rata kondisi simbah memiliki tensi tinggi, termasuk kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol diatas standar. Walau kondisi tensi, hasil cek metaboliknya tinggi, terlihat para simbah terlihat selalu sehat dan aktif berkebun. Selain cek metabolik,para lansia juga dicek tensinya,ditimbang berat badannya, dan dikasih PMT Lansia. Untuk Ahad pagi ini, para simbah mendapatkan PMT Lansia berupa telur ayam negeri dan tempe.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA