Sunday, 4 Zulhijjah 1443 / 03 July 2022

Wow, Plat Nomor Ini Laku Rp 17 Miliar dalam Lelang

Selasa 24 May 2022 19:13 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Petugas mencetak plat nomor kendaraan bermotor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). ilustrasi

Petugas mencetak plat nomor kendaraan bermotor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). ilustrasi

Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.
Pelat dengan tulisan VIC 14 atau Victoria 14 laku Rp 17 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Bagi sebagian pengendara, konfigurasi angka dan huruf dalam pelat nomor kendaraan adalah hal yang cukup penting. Ada sebagian pengendara yang rela untuk menyiapkan sejumlah anggaran demi bisa mendapat plat nomor dengan konfigurasi yang diiinginkan.

Dikutip dari Drive pada Selasa (24/5/2022), Pemerintah Australia mengakomodasi kebutuhan tersebut dengan melelang pelat nomor. Saat ini, terdapat sebuah konfigurasi plat nomor yang dilelang dengan nilai yang sangat tinggi.

Baca Juga

Plat nomor itu adalah plat dengan tulisan VIC 14 atau Victoria 14. Konfigurasi itu sangat diincar karena merupakan Victorian heritage number plates.

Saat ini, penawaran plat nomor itu telah mencapai nilai 1,7 juta dolar Australia atau sekitar Rp 17 miliar. Hal itu membuat pelat nomor tersebut memecahkan rekor plat nomor dua digit dengan nilai tertinggi sepanjang sejarah.

Sebelumnya, plat nomor dua digit juga sempat terlelang dengan nilai 1,1 juta dolar Australia atau senilai Rp 11 miliar. Plat itu adalah plat dengan angka 90 yang dilelang pada Maret 2020.

Sementara itu, untuk nilai lelang plat nomor tertinggi di Australia terjadi pada 2017. Saat itu, terdapat sebuah pelat nomor dengan angka 4 yang dilelelang dengan nilai 2,4 juta dolar Australia atau senilai Rp 24 miliar.

Sejumlah konfigurasi angka dan huruf plat nomor itu sendiri biasanya diincar dengan nilai fantastis karena memiliki cerita tersendiri di balik angka tersebut. Tak heran, sejumlah pengendara pun berebut untuk bisa mengenakan pelat nomor itu pada mobil kesayanganya.


 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA