Selasa 24 May 2022 17:05 WIB

IPB University Latih Dosennya Pintar Menulis Berita

Pelatihan diberikan kepada para dosen yang akan melakukan kegiatan Dospulkam.  

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University menggelar Pelatihan Publikasi Berita Media Massa untuk para dosen yang akan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Dosen Pulang Kampung (Dospulkam), di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jumat  (20/5).
Foto: Dok IPB University
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University menggelar Pelatihan Publikasi Berita Media Massa untuk para dosen yang akan melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat Dosen Pulang Kampung (Dospulkam), di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jumat (20/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dosen IPB University yang akan mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat Dosen Pulang Kampung (Dospulkam), mengikuti Pelatihan Publikasi Berita Media Massa yang digelar di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Kampus IPB Dramaga, Bogor, Jumat  (20/5). Kegiatan yang digelar oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) IPB University ini menghadirkan Redaktur Senior Republika, Irwan Kelana; Kepala Bagian Humas Biro Komunikasi IPB University, Siti Nuryati  STP  MSi; dan Dosen Sekolah Vokasi IPB University, Ahmad Aulia Arsyad  SKPm MSi.

Kepala LPPM, Dr Ir Ernan Rustiadi  MAgr menyampaikan bahwa banyak inovasi dan kerja ilmiah yang telah dilakukan oleh dosen. Dan hal ini dimanfaatkan oleh masyarakat.  “Saya berharap kegiatan Dospulkam ini dapat bermanfaat di kampung halaman yang menjadi tujuan dosen tersebut. Setelah itu, kegiatan dosen di kampungnya masing-masing ini dapat diinformasikan kepada khalayak, sehingga publikasi menjadi penting. Untuk itu dosen akan membutuhkan pengetahuan teknis mengenai publikasi berita di media massa,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (23/5). 

Sementara itu, Wakil Kepala LPPM IPB University Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Dr Sofyan Sjaf menyampaikan bahwa momen Dospulkam ini sangat tepat dengan visi IPB University di tahun 2022 yakni Enriched and Empowered Society.  “Semua kegiatan Dospulkam di desa itu akan menjadi berita penting buat masyarakat Indonesia. Agar berita lebih efektif, melalui acara ini Dospulkam akan mendapat masukan dan materi-materi dari narasumber,” ucapnya.

Kepala Bagian Humas IPB University, Siti Nuryati  STP MSi menyampaikan bahwa pihaknya siap memasilitasi Dospulkam untuk menampung tulisan-tulisan terkait kegiatan tersebut. “Kami akan fasilitasi untuk tayang di website IPB University dan e-Buletin IPB Today. Tulisan kegiatan juga berpeluang diolah sebagai konten media sosial serta produk siaran pers yang akan kami kirim ke sekitar 100 media massa lokal juga nasional,” ujarnya. 

Pada kesempatan ini ia memaparkan data siaran pers yang diproduksi IPB University tentang pengabdian masyarakat pada enam bulan terakhir.  “Ada beragam topik yang diangkat yakni terkait Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi, stunting, urban farming, demplot, pengolahan limbah, wisata desa dan pelatihan untuk siswa SMA. Kami tunggu karya dan topik- topik lainnya yang tentu masih sangat banyak sekali,” ucapnya. 

Sementara itu Irwan kelana, Redaktur Senior Republika menyampaikan tips mudah membuat tulisan menarik. Ia sampaikan 5 W 1 H (What, Where, When, Who, Why, dan How) sebagai kunci dasar untuk membuat berita lempang (straight news) dengan konsep piramida terbalik. Konsep piramida terbalik maksudnya adalah informasi yang terpenting diletakkan di bagian paling atas berita. Kemudian informasi penting, selanjutnya informasi kurang penting.

“Kegiatan Dospulkam akan menghasilkan banyak berita penting dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, menulis berita bisa menjadi bentuk pertanggungjawaban kegiatan. Dapat juga menginspirasi masyarakat melalui tulisan dan memberikan informasi yang membantu masyarakat,” ucapnya. 

Sementara Ahmad Aulia Arsyad  SKPm  MSi, dosen Sekolah Vokasi IPB University menyampaikan tips mengambil foto cantik dengan kamera ponsel.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement