Selasa 24 May 2022 17:03 WIB

Kolaborasi UMJ dan Alumni Hasilkan Kebun Hidroponik

Pertanian urban sejenis hidroponik bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa pertanian

Kebun hidroponik Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang telah diresmikan pada Senin (23/05), Prof Dr KH Abdul Mu’ti, M Ed, direncanakan akan mulai produksi pertama jenis bayam sesuai dengan permintaan dari mitra.
Foto: istimewa
Kebun hidroponik Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang telah diresmikan pada Senin (23/05), Prof Dr KH Abdul Mu’ti, M Ed, direncanakan akan mulai produksi pertama jenis bayam sesuai dengan permintaan dari mitra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kebun hidroponik Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) yang telah diresmikan pada Senin (23/05), Prof Dr KH Abdul Mu’ti, M Ed, direncanakan akan mulai produksi pertama jenis bayam sesuai dengan permintaan dari mitra.

Gagasan untuk membuka lahan hidroponik di UMJ muncul saat diskusi antara dekan FTAN UMJ dan pihak CV Hidroponik Kita Tani Mandiri selaku mitra. Sebelumnya kerjasama diantara keduanya dalam lingkup pendidikan, yakni sebagai tujuan mahasiswa FTAN UMJ untuk melaksanakan program magang. 

Baca Juga

Kebun hidroponik dibuka di kampus UMJ atas dasar inovasi dan kebutuhan penunjang pembelajaran. Selain sebagai penunjang pembelajaran urban farming atau pertanian modern bagi mahasiswa FTAN UMJ, kebun hidroponik juga akan dimanfaatkan untuk mengisi peluang bisnis. Mitra yang telah berkomitmen untuk bekerjasama adalah CV Hidroponik Kita Tani Mandiri. 

Kerjasama yang dijalin juga didukung oleh peran alumni FTAN UMJ yang sekaligus sebagai direktur utama CV Hidroponik Kita Tani Mandiri, Diah Setiawati, S.P. Berawal dari program magang di CV Hidroponik Kita Tani Mandiri saat masih menempuh studi di FTAN UMJ, kini ia menjadi direktur utama yang menjalin kerjasama dengan kebun-kebun hidroponik, salah satunya FTAN UMJ.

“Sebenarnya pertanian harus dikenal secara luas. Salah satunya hidroponik, harusnya bisa jadi dorongan semangat bagi anak muda di perkotaan untuk fokus di bidang pertanian. Kami memiliki tujuan untuk memberikan dorongan pada anak muda agar anak muda (khususnya lulusan pertanian) akan merasa enjoy di bidang pertanian. Selain itu juga menumbuhkan kesadaran dan keinginan untuk fokus di sana (bidang pertanian),” ungkap Diah saat ditemui di sela kegiatan peresmian dan panen raya kebun hidroponik FTAN UMJ pada Senin (23/05). 

Diah juga mengungkapkan rasa bahagianya karena bisa berkolaborasi dengan kampus UMJ yang juga almamater. “Semoga bisa bermanfaat bagi banyak pihak,” ungkap Diah. 

Misi mengkampanyekan pertanian urban yang digagas oleh FTAN UMJ melalui kebun hidroponik didukung oleh CV Hidroponik Kita Tani Mandiri selaku mitra. Pernyataan Charlie Candapati, praktisi pertanian hidroponik yang juga merupakan bagian dari CV Hidroponik Kita Tani Mandiri turut mendukung misi tersebut.

Menurut Charlie, pertanian tradisional tidak bisa diterapkan di wilayah perkotaan seperti Jakarta yang jumlah lahan pertaniannya semakin sedikit dan langka. Oleh karenanya pertanian urban sejenis hidroponik bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa pertanian. CV Hidroponik Kita Tani Mandiri menjadi mitra strategis FTAN UMJ dalam membuka lahan hidroponik yang berkelanjutan menuju idustri pertanian modern. Hasil produksi kebun hidroponik akan didistribusikan dan disupply ke supermarket. 

Permintaan pasar akan komoditi sayuran yang tinggi menjadi peluang yang dapat diisi oleh FTAN UMJ untuk terus mengembangkan dan menggarap lahan hidroponik. “Kebutuhan keseluruhan sayur penduduk Jakarta 1500 ton per hari. Kebun manapun tidak ada yang sanggup memenuhi permintaan tersebut. Pasar pertanian sangat terbuka luas, sementara pemasoknya sedikit. Diharapkan dengan ini (kebun hidroponik) bisa memberikan contoh kepada masyaakat luas bahwa lahan kecil juga bisa memproduksi sayur untuk kebutuhan rumah bahkan bisa dipasarkan,” kata Charlie.

Kebun hidroponik merupakan inovasi dari FTAN UMJ sebagai laboratorium bagi mahasiswa FTAN bukan hanya dari segi pertanian tapi juga kewirausahaan. Terlebih program ini didukung penuh oleh pimpinan UMJ, mendapat apresiasi dan banyak masukan positif untuk perkembangan kebun dari pimpinan dan BPH UMJ. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement