Selasa 24 May 2022 09:44 WIB

UEA Kumpulkan 101 Ribu Ton Sampah Selama Ramadhan dan Idul Fitri

Lebih dari 101.570 ton sampah kota dikumpulkan di Abu Dhabi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Suasana pengunjung menghadiri Festival Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (12/3/2022). Festival tersebut sebagai upaya merayakan budaya dan warisan Uni Emirat Arab dengan keragaman tradisi yang kaya melalui seni, kerajinan, makanan, dan adat istiadat. x
Foto: ANTARA/M Agung Rajasa
Suasana pengunjung menghadiri Festival Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Sabtu (12/3/2022). Festival tersebut sebagai upaya merayakan budaya dan warisan Uni Emirat Arab dengan keragaman tradisi yang kaya melalui seni, kerajinan, makanan, dan adat istiadat. x

REPUBLIKA.CO.ID,ABU DHABI -- Lebih dari 101.570 ton sampah kota dikumpulkan di Abu Dhabi, selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri. Pusat Pengelolaan Sampah Abu Dhabi (Tadweer) mengatakan, pihaknya mengumpulkan sampah sebagai bagian dari rencana aksi terpadu yang dilaksanakan selama periode ini.

Rencana tersebut melibatkan kampanye kesadaran terkonsentrasi, yang sejalan dengan komitmen institusi dalam menyediakan layanan sesuai dengan standar tertinggi, sekaligus menjaga lingkungan yang sehat dan aman di Emirat Abu Dhabi.

Baca Juga

“Hasil yang dicapai selama Ramadhan dan Idul Fitri mencerminkan komitmen pusat untuk menciptakan lingkungan yang aman, sehat dan berkelanjutan bagi komunitas Abu Dhabi," kata Direktur Jenderal Tadweer, Dr Salem Khalfan Al Kaabi, dikutip di //Khaleej Times//, Selasa (24/5).

Selama ini, pihaknya disebut berupaya memastikan kebersihan fasilitas umum dan lokasi yang digunakan untuk kegiatan dan perayaan. Pihaknya berkoordinasi dengan otoritas terkait, untuk menyediakan layanan pengumpulan sampah kota, sanitasi dan pengendalian hama.

Upaya-upaya dan kinerja yang dilakukan tersebut sejalan dengan visi Tadweer, untuk mencapai sistem yang berkelanjutan dalam pengelolaan limbah dan pengendalian hama di Abu Dhabi.

Dalam hal layanan pengumpulan dan pengangkutan sampah kota, Tadweer bekerja sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri untuk meningkatkan layanan sanitasi publik. Termasuk di dalamnya pengumpulan sampah manual dan otomatis, layanan penyisiran dan pembuangan limbah rumah potong hewan umum.

Hal ini disebut dicapai dengan meningkatkan jumlah pekerja sanitasi, kontainer, peralatan kebersihan, serta kendaraan pengangkut limbah di seluruh emirat, untuk menyediakan layanan pengumpulan dan pengangkutan sampah kota dan padat, serta layanan sanitasi publik.

Sebanyak 90.620 ton sampah dikumpulkan pada tingkat harian 3.000 ton selama Ramadhan, di samping 10.950 ton sampah yang dikumpulkan selama Idul Fitri. Ini menandai peningkatan 4,17 persen dibandingkan hari-hari biasa dan peningkatan 2,53 persen dibandingkan tahun lalu.

Rencana kerja Tadweer adalah meningkatkan pelayanan pengosongan wadah sampah selama Ramadhan dan Idul Fitri. Sekitar 162.000 kontainer untuk mengumpulkan sampah dari semua ukuran dikosongkan setiap hari.

Selain itu, layanan pengendalian hama dan kampanye sanitasi terus dilakukan, serta kampanye untuk memantau hewan liar di seluruh wilayah Abu Dhabi.

Tadweer menugaskan 260 tenaga ahli, 255 kontainer, dan 55 kendaraan selama Ramadhan dan Idul Fitri untuk memastikan ketersediaan layanan pengumpulan dan pengangkutan sampah, serta layanan sanitasi.  

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement