Senin 23 May 2022 21:16 WIB

BNI Salurkan KUR Rp 47,6 Triliun pada April 2022

Realisasi KUR BNI ini tumbuh 28,9 persen year on year

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
BNI
Foto: ,
BNI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Negara Indonesia (Persero) (BNI) Tbk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp 47,6 triliun pada April 2022. Adapun realisasi ini tumbuh 28,9 persen year on year.

Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto mengatakan BNI adalah agen penyalur KUR pemerintah yang proaktif mencari potensi pertumbuhan ekonomi baru dari segmen UMKM.

Baca Juga

"Hal ini sejalan dengan tren pemulihan ekonomi, sekaligus upaya strategis BNI dalam mendorong kinerja mitra debitur UMKM," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (23/5/2022).

Menurutnya perseroan menyalurkan KUR sebesar Rp 38 triliun pada 2022 atau naik 22,7 persen dibandingkan alokasi KUR pada 2021 senilai Rp 30,95 triliun. “Upaya yang kami lakukan ini adalah untuk menjaga momentum pertumbuhan segmen UMKM BNI. Tentunya tren ini akan terus dipertahankan, sehingga dapat membantu lebih banyak pelaku UMKM mampu meningkatkan kinerjanya pada tahun ini,” katanya.

Sis menyampaikan, perseroan memiliki tiga strategi utama yang digunakan BNI untuk mendorong kinerja penyaluran KUR tahun ini. Pertama, BNI mendorong penyaluran KUR berbasis klaster, salah satunya dengan fokus menggarap potensi UMKM sektor pertanian daerah.

Kedua, BNI meningkatkan pembiayaan kepada mitra debitur korporasi melalui skema value chain. “Terakhir kami menggunakan tools digitalisasi kredit serta kerja sama dengan mitra strategis untuk mendukung optimalisasi big data UMKM yang akhirnya mempercepat penyaluran sekaligus meningkatkan kualitas kredit,”  katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement