Senin 23 May 2022 17:29 WIB

Riset Snapcart: Perilaku Belanja Online Selama Ramadhan 2022

Terlihat persaingan sengit antar e-commerce selama Program Ramadhan

Belanja online (ilustrasi). Ramadhan merupakan bulan berbelanja online paling tinggi dalam budaya masyarakat Indonesia.
Foto: republika
Belanja online (ilustrasi). Ramadhan merupakan bulan berbelanja online paling tinggi dalam budaya masyarakat Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan bulan berbelanja online paling tinggi dalam budaya masyarakat Indonesia. Maraknya kemeriahan serta antusiasme yang tinggi dari masyarakat dalam berbelanja online terlihat sejak momen menjelang Ramadhan hingga Hari Raya Lebaran.

Hal ini menjadi momen penting bagi semua pemain e-commerce. Terlihat persaingan sengit antar e-commerce selama Program Ramadhan yang dihadirkan oleh setiap pemain, baik melalui ragam inovasi, fitur menarik, hingga promo terbaik.

Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama tiga bulan terakhir yang didalamnya meliputi bulan Ramadhan hingga perayaan Hari Raya Idul Fitri. Riset ini dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1.000 responden dari usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.

Dalam riset Snapcart terkait “Perilaku Belanja Online Masyarakat Selama bulan Ramadhan”  menunjukkan bahwa 77 persen konsumen di Indonesia mengaku Shopee merupakan merek yang paling diingat atau menjadi Top of Mind saat ingin berbelanja kebutuhan keluarga maupun individu selama masa persiapan hingga selama bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Posisi ini diikuti Tokopedia 18 persen dan Lazada empat persen. Situs belanja online lain yang juga disebut konsumen adalah Bukalapak, Blibli dan JD.ID

“Di bulan suci Ramadhan, situs belanja online semakin diminati dan menarik perhatian masyarakat. Di antara tiga pemain e-commerce, Shopee terlihat paling aktif dalam memperkuat posisinya melalui berbagai program yang dihadirkan, seperti iklan, acara TV, live stream, video, promo, dan kolaborasi lainnya. Hal ini menjadi salah satu alas an kuat yang menjadikan Shopee unggul dalam penilaian merek yang paling diingat selama bulan Ramadhan dengan presentase yang cukup signifikan,” kata Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart Indonesia, melalui siaran persnya.

Setiap tahunnya setiap pemain e-commerce menghadirkan program spesial selama persiapan bulan Ramadan hingga Hari Raya. Dari survei tersebut, terdapat tiga program yang paling diminati oleh responden. Shopee Big Ramadan Sale merupakan program yang paling diminati dimana 88 persen responden mengaku turut berbelanja dan memanfaatkan promo serta hiburan yang dihadirkan Shopee, diikuti dengan 41 persen belanja di Tokopedia Ramadan Ekstra, 19 persen berbelanja di Lazada Ramadan Festival, dan tiga persen tidak menyebut.

Tren perilaku belanja online juga dapat diamati melalui pilihan produk paling banyak dibeli selama Ramadhan 2022. Riset Snapcart menunjukkan, fashion dan aksesoris tetap menempati posisi paling tinggi 68 persen, diikuti sebanyak 49 persen responden membeli produk-produk makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan berbuka selama Ramadan.

Kemudian sebanyak 45 persen responden membeli produk kosmetik dan perawatan, sedangkan 31 persen responden lainnya mengaku membeli peralatan rumah tangga. “Ini sesuai dengan budaya Indonesia, Ramadan dan Lebaran identik dengan memakai baju baru. Produk fashion dan aksesoris pun menjadi peringkat nomor satu,” tambah Astrid.

Dengan kebutuhan Ramadhan yang beragam, promo menjadi salah satu hal yang paling dicari oleh masyarakat. Melalui survei ini ditemukan 77 persen responden menjadi Rangkaian Promo Menarik menjadi hal yan paling dicari dalam program yang dihadirkan oleh pemain e-commerce pada bulan Ramadhan.

“Potongan harga atau penawaran terbaik menjadi salah satu aspek yang menjadi daya tarik utama pada setiap program yang dihadirkan khususnya selama bulan Ramadan,” kata Astrid.

Terbukti dari sebanyak 74 persen responden mengaku mengetahui program Shopee-Gratis Ongkir Rp 0 Semua Toko, 48 persen responden mengetahui program Shopee-Cashback 50 % 5 Waktu, dan 61 persen mengetahui program Shopee Serba Seribu. Diikuti dengan program-program promo lain yang diketahui oleh responden, seperti Tokopedia-Cashback Sebar Kumpul Untung Ramadan Ekstra (26 persen), Tokopedia-Flash Sale Ramadan Ekstra Diskon Kilat (38 persen), Lazada-Gratis Ongkir Ramadan Festival (19 persen), dan Lazada-Diskon Langsung Ramadan Festival (15 persen).

Data-data di atas menunjukkan bahwa Shopee menjadi unggulan selama Ramadhan, dimana terlihat melalui survei bahwa 77 persen responden memilih Shopee sebagai e-commerce yang paling sering digunakan untuk berbelanja persiapan dan kebutuhan selama bulan Ramadhan. Hasil ini diikuti Tokopedia (19 persen) dan Lazada (empat persen).

Masyarakat Indonesia tidak hanya memanfaatkan platform belanja online atau e-commerce untuk memenuhi kebutuhan harian atau pendukung dengan keuntungan terbaik. Selain mendukung persiapan selama bulan Ramadhan, platform belanja online juga menjadi salah satu kegiatan yang dapat menemani menunggu waktu berbuka. Demi menjawab ragam kebutuhan dan hiburan, para pemain e-commerce terus berusaha untuk berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur baru.

“Jika ditelaah saat ini, kami melihat aspek yang membuat masyarakat untuk memilih destinasi belanja online dipengaruhi oleh banyak hal seperti promo, pilihan produk yang ditawarkan, hingga fitur hiburan. Dimana melalui survei ini terlihat bahwa Shopee unggul khususnya dalam hal Membantu Kebutuhan Ramadhan, Banyak Fitur, Inovasi &Games serta Sering Promo Ramadan. Hal inilah yang membuat kuatnya nilai saing Shopee khususnya selama bulan Ramadan,” sambung Astrid.

Selain iklan, acara TV, live stream, video, promo, serta kolaborasi lainnya, pada periode Ramadhan ini terdapat fitur terbaru yang dihadirkan oleh Shopee, dimana melalui fitur ini masyarakat dapat membuat serta menonton berbagai konten video, yang disertai promo hadiah menarik. Melalui survei kali ini, terungkap bahwa Shopee Video menduduki peringkat dua teratas pada indikator penilaian fitur hiburan terbaru yang diketahui oleh responden.

Melihat sengitnya persaingan e-commerce selama bulan Ramadhan, para pemain e-commerce berlomba untuk melengkapi ragam aspek yang dapat menjadikan mereka destinasi pilihan belanja online. Selama periode Ramadhan 2022, dapat disimpulkan Shopee merupakan e-commerce pilihan dan masih unggul menjadi jawara e-commerce nomor 1 di Indonesia.

Dari banyak indikator pada riset dengan metode online yang dilakukan Shopee, Shopee dinyatakan sebagai peringkat pertama saat dibandingkan dengan e-commerce lainnya. Dengan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap belanja online, tren pertumbuhan yang terus berkembang serta pertarungan antar pemain e-commerce sangat menarik untuk diamati kelanjutannya pada tahun ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement