Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Pembangunan 1.750 PJU di Tangsel Ditargetkan Mulai Juli 2022

Selasa 24 May 2022 09:59 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih

Pekerja mengetes bola lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di salah satu ruas jalan.

Pekerja mengetes bola lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di salah satu ruas jalan.

Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Rencana pembangunan PJU baru masih di tahap pelelangan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN -- Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan membangun sebanyak 1.750 titik penerang jalan umum (PJU) di Tangsel pada 2022. Realisasinya direncanakan akan dimulai pada Juli 2022. 

Kepala Bidang PJU Dinas Perhubungan Kota Tangsel, Ali Akbar mengatakan, saat ini proses rencana pembangunan PJU baru masih di tahap pelelangan. "Sekarang masih dilelang, nunggu hasilnya paling 1-2 bulan, berarti sekitar Juli lah pembangunan (PJU) yang baru," kata Ali kepada Republika.co.id, Senin (23/5/2022). 

Baca Juga

Ali memastikan pihaknya akan segera melakukan pembangunan tersebut mengingat masih banyak titik jalan di wilayah Tangsel yang membutuhkan penerangan. Tercatat, hingga saat ini telah ada lebih dari 50.000 titik PJU yang tersebar di Tangsel, dan angka itu masih terus ditambah seiring dengan kebutuhan serta kondisi PJU yang butuh pemeliharaan. 

"Kalau untuk pemeliharaan PJU targetnya tahun ini 486 titik. Untuk pemeliharaan mulai kita lakukan akhir bulan ini (Mei 2022)," kata Ali. 

Angka target pembangunan dan pemeliharaan PJU pada tahun ini terbilang jauh lebih kecil dibandingkan dengan jumlah pembangunan PJU pada tahun-tahun sebelumnya, sebelum pandemi Covid-19. Pada saat kondisi pandemi sendiri pada 2020 dan 2021, pembangunan PJU terkendala, dan kemudian baru dibangun kembali pada tahun ini. 

"Dikarenakan adanya refocusing anggaran karena Covid, sebenarnya kalau untuk standar pemeliharaan minimal 2.000 an untuk pemeliharaan dan 4.000 an untuk pemasangan," ucap dia. 

Ali melanjutkan, bisa jadi ada penambahan perbaikan dan pembangunan PJU seiring dengan keberjalanannya pada tahun ini. Hal itu sejalan dengan program yang dicanangkan Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dan Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan bertajuk 'Tangsel Terang'. 

"Tapi dari pimpinan InsyaAllah akan diperhatikan lah untuk penambahan, karena kan memang apalagi ada program Tangael Terang, InsyaAllah bisa ada penambahan kalau ada perubahan (anggaran)," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA