Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Microsoft Uji Keandalan Android 12.1 di Windows 11

Senin 23 May 2022 15:27 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Dwi Murdaningsih

Tampilan widget Windows 11.

Tampilan widget Windows 11.

Foto: the verge
Pembaruan Subsistem Windows untuk Android tersedia untuk menguji Windows Insiders.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft sepertinya tidak berpuas diri ketika memakai sistem yang memungkinkan Windows 11 menjalankan aplikasi Android. Pada Jumat lalu, perusahaan mengumumkan pembaruan yang meningkatkan versi Android yang berjalan di komputer Anda dan membantu membuat aplikasi terasa lebih nyaman berjalan di PC.

 

Baca Juga

Pembaruan Subsistem Windows untuk Android saat ini hanya tersedia untuk menguji Windows Insiders. Peningkatan utama adalah pembaruan ke versi Android yang mendukung kemampuan Windows untuk menjalankan aplikasi seluler.

 

Rilis publik saat ini tampaknya menggunakan Android 11, tetapi versi yang diuji Microsoft menjalankan Android 12.1, alias Android 12L. Artinya, jika Anda memiliki sesuatu selain Pixel terbaru, komputer Anda mungkin menjalankan versi Android yang lebih baru daripada ponsel Anda.

 

Aplikasi Android terasa sedikit seperti Aplikasi Windows

 

Pembaruan juga membawa peningkatan pada bagaimana aplikasi Android terintegrasi dengan Windows. Pesan pop-up dari aplikasi mungkin muncul sebagai notifikasi Windows sekarang, dan bilah tugas akan dapat menunjukkan apakah aplikasi Android mengakses mikrofon atau lokasi Anda.

 

Perusahaan juga mengatakan aplikasi Android akan berperilaku lebih baik setelah Anda menghidupkan komputer dari standby. Alih-alih memulai kembali, mereka seharusnya melanjutkan dari tempat mereka tinggalkan.

 

Microsoft juga mengatakan akan sepenuhnya mendesain ulang aplikasi pengaturan yang Anda gunakan untuk mengelola Subsistem Windows untuk Android. Dengan mengelompokkan pengaturan bersama dan memberikan "pengalaman pengguna yang lebih bersih."

 

Itu juga membuat berbagai perbaikan bagaimana aplikasi Android dapat mengakses kamera komputer Anda dan bahkan telah meningkatkan kemampuan jaringan sehingga Anda dapat mengatur perangkat rumah pintar menggunakan aplikasi Android yang berjalan di komputer Anda.

 

Meskipun semua ini terdengar seperti peningkatan besar, Anda mungkin ingin menunda mencoba menggunakan fitur itu sendiri saat ini. Pertama, saat ini sedang diluncurkan ke saluran Dev, yang merupakan cincin Windows Insider paling mutakhir. Artinya Anda lebih mungkin mengalami bug dan crash di luar menjalankan aplikasi Android.

 

Untuk itu, Microsoft memperingatkan bahwa peningkatan ke Android 12.1 "dapat menyebabkan beberapa aplikasi gagal diluncurkan." Mungkin itu tidak terlalu mengejutkan mengingat betapa kasarnya peluncuran Android 12 di ponsel.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA