Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

AC Milan Rengkuh Scudetto Usai Kalahkan Sassuolo 3-0

Senin 23 May 2022 01:01 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Para penggawa AC Milan merayakan gol mereka ke gawang Sassuolo pada laga pamungkas Liga Italia Serie A 2021/2022, Senin (23/5/2022).Milan memastikan diri keluar sebagai juara liga dengan memuncaki klasemen akhir.

Para penggawa AC Milan merayakan gol mereka ke gawang Sassuolo pada laga pamungkas Liga Italia Serie A 2021/2022, Senin (23/5/2022).Milan memastikan diri keluar sebagai juara liga dengan memuncaki klasemen akhir.

Foto: EPA-EFE/SERENA CAMPANINI
Ini jadi gelar scudetto Milan setelah puasa 11 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, SASSUOLO -- Lewat dua gol Olivier Giroud dan satu gol dari Franck Kessie, AC Milan membungkam Sassuolo, 3-0, pada giornata ke-38 Serie A, Senin (23/5/2022) dini hari WIB. Kemenangan ini sekaligus mengantarkan I Rossoneri melangkah ke tangga juara Liga Italia musim ini. 

Dengan tambahan tiga angka ini, Milan mengakhiri Liga Italia musim ini puncak klasemen. I Rossoneri mengumpulkan 86 poin buah dari 26 kemenangan, delapan hasil imbang, dan empat kekalahan dari 38 laga. I Rossoneri unggul dua poin atas rival sekotanya, Inter Milan, yang sekaligus menjadi juara Serie A musim lalu. 

Baca Juga

Raihan Scudetto musim ini membawa Milan menyamai rekor Scudetto I Nerazzurri, 19 kali meraih gelar Scudetto. Dua klub asal Milan itu berbagi tempat di peringkat kedua klub tersukses di pentas Liga Italia, setelah Juventus yang mampu mengoleksi 36 Scudetto.

 

Jalannya laga 

Milan mengawali lawatan ke Stadion Mapei ini dengan intensitas tinggi. Para penggawa I Rossoneri agaknya bertekad untuk bisa mencetak gol cepat di laga ini. Peluang pertama sudah didapatkan I Rossoneri pada menit ketujuh. Olivier Giroud sukses menanduk bola hasil eksekusi tendangan bebas. Namun, peluang Giroud di depan mulut gawang Sassuolo itu masi bisa digagalkan kiper Andrea Consigli. Selang satu menit kemudian, giliran Rafael Leao mendapatkan peluang emas. 

Kendati begitu, sepakan Leao masih bisa dihentikan oleh Consigli. Milan akhirnya benar-benar bisa mencetak gol pada menit ke-17. Berawal dari keberhasilan Leao mencuri bola dari kendali salah satu pemain Sassuolo, I Rossoneri mencatatkan keunggulan di laga ini via torehan Giroud. 

Leao yang langsung merangsek ke dalam kotak penalti tim tuan rumah mengirimkan umpan tarik ke penyerang asal Prancis tersebut. Giroud menyambut umpan tersebut dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti. 

Bola sempat melewati sela kaki pemain bertahan I Neroverdi dan Consigli. Pada menit ke-33, Milan berhasil menggandakan keunggulan. Dengan proses yang kurang lebih sama dengan gol pertama, I Rossoneri kembali mencetak gol. Leao yang terus melakukan pressing kepada pemain bertahan Sassuolo berhasil merebut bola. 

Umpan tarik dilepaskan winger asal Portugal itu, yang disambar oleh Giroud dengan sebuah tendangan terarah ke sisi kanan gawang I Neroverdi. Tiga menit berselang, giliran Franck Kessi yang mencatatkan namanya di papan skor. Kessie melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti setelah memanfaatkan assist Leao. 

Bola sepakan keras Kessie bersarang di sebelah kanan atas gawang Sassuolo tanpa bisa dihalau Consigli. Keunggulan tiga gol pada babak pertama membuat AC Milan sedikit mengendurkan tekanan pada babak kedua. I Rossoneri berusaha tetap mengendalikan permainan dengan sesekali melancarkan serangan. Di sisi lain, Sassuolo mencoba bangkit. 

Namun, lini belakang Milan masih mampu mengatasi tekanan para penggawa I Neroverdi. Zlatan Ibrahimovic, yang masuk menggantikan Giroud pada menit ke-73, sempat merobek gawang Sassuolo. Penyerang gaek asal Swedia itu menanduk umpan lambung Leao. Namun, gol itu dianulir wasit lantaran Leao telah berdiri dalam posisi offisde saat menerima umpan lambung dari tengah lapangan. 

Skor, 3-0, akhirnya tetap bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA