Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Zulhas dan Para Tokoh Nasional Ikut Melayat ke Rumah Duka Fahmi Idris

Senin 23 May 2022 04:43 WIB

Rep: Erik PP/Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Ketua Umum DPP PAN sekaligus Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan melayat ke kediaman eks menteri perindustrian Fahmi Idris.

Ketua Umum DPP PAN sekaligus Wakil Ketua MPR Zulkifli Hasan melayat ke kediaman eks menteri perindustrian Fahmi Idris.

Foto: Istimewa
Almarhum Fahmi Idris merupakan pengusaha sukses dan tokoh yang menginspirasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian (Menperin) Kabinet Indonesia Bersatu era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono(SBY), Fahmi Idris bin Idris Marah Bagindo wafat di Jakarta pada Ahad (22/5/2022). Sebelum dimakamkan, sejumlah tokoh melayat jenazah di rumah duka Jalan Mampang Prapatan IV, Jakarta Selatan.

Di antara para tokoh tersebut adalah Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus Wakil Ketua DPR Zulkifli Hasan. Dia menyampaikan rasa duka cita atas kepergian ayahanda dari senator Fahira Idris tersebut.

"Beliau adalah seorang pengusaha sukses, politisi berkarakter, mantan menteri, tokoh senior yang menginspirasi kita semua karena karya dan dedikasinya. Jasa-jasa beliau insya Allah dikenang baik oleh kita semua," kata Zulhas, sapaan akrabnya di Jakarta, Ahad.

Menurut dia, keluarga besar PAN turut berbela sungkawa atas kepergian eks politikus Partai Golkar tersebut. Zulhas mendoakan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan ketabahan. Dia juga memiliki kenangan baik dengan almarhum. "Bang Fahmi itu pejuang sekali. Dia itu kalau iya, iya. Tidak ya tidak, bener ya bener, salah ya salah, tidak ada takut-takut," kata Zulhas.

Zulhas mengingat kenangan saat ia masih menjadi anggota Komisi VI DPR untuk pertama kalinya. Saat itu, dewan melakukan kunjungan ke Korea Selatan. Namun, ia harus tertahan di bandara tidak bisa masuk karena proses imigrasi yang rumit.

Selama pemeriksaan itu, Zulhas mengaku ditemani oleh Menperin Fahmi Idris. "Itu kenangan paling berkesan, dua jam nungguin saya cuma berdua saja. Diperiksa akhirnya lolos juga masuk ke Korea," kata mantan menteri kehutanan tersebut.

Selain Zulhas, tokoh nasional yang hadir, di antaranya Wakil Presiden periode 2004-2009 dan 2014-2019 M Jusuf Kalla, eks ketua umum DPP Partai Golkar Akbar Tanjung, Ketua MPR Bambang Soesatyo, anggota DPR Rachmat Gobel, hingga Kepala BNPT Letjen Boy Rafli Amar. Para tokoh yang hadir tersebut ikut menyalatkan almarhum di rumah duka dipimpin oleh KH Zulfan Zulfahmi.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA