Ahad 22 May 2022 13:18 WIB

Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Perlu Pelajari 5 Keahlian Ini

Di Universitas BSI, Program studi Ilmu Komunikasi memiliki dua konsentrasi

Ilmu komunikasi merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang komunikasi, mulai dari individu, periklanan, media, komunikasi media sosial dan komunikasi interkultural.
Foto: istimewa
Ilmu komunikasi merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang komunikasi, mulai dari individu, periklanan, media, komunikasi media sosial dan komunikasi interkultural.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ilmu komunikasi merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang komunikasi, mulai dari individu, periklanan, media, komunikasi media sosial dan komunikasi interkultural.

Jurusan ini memiliki kaitan yang erat dengan permasalahan fundamental dari suatu hubungan antara sesama manusia dalam bermasyarakat. 

Baca Juga

Menurut kepala program studi Ilmu Komunikasi Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Anisti menuturkan, saat mempelajari jurusan ini, mahasiswa akan dibekali ilmu pengetahuan dan keahlian dalam berbicara di depan umum, dasar desain, berpikir out of the box, dasar fotografi teamwork dan menulis kreatif.

“Di Universitas BSI, Program studi Ilmu Komunikasi memiliki dua konsentrasi yaitu Digital Public Relations dan konsentrasi TV dan Film. Konsentrasi Digital Public Relations mencakup beberapa bidang di antaranya scientific digital communication profesional, strategic planner, creative media developer, event management, public relations officer dan conflict management,” jelas Anisti, dalam keterangan tertulisnya Ahad (22/5/2022).

Sedangkan, untuk konsterasi TV dan film, terdiri dari beberapa bidang ilmu yaitu scientific digital communication professional, strategic planner, creative media developer, event management, televisi & film productions, dan news anchor & reporter.

Selain itu, jurusan ini juga mempelajari beberapa kemampuan yang sangat bermanfaat. Berikut 5 keahlian yang perlu dipelajari oleh mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi mengutip dari berbagai sumber.

1. Public speaking

Dalam jurusan ilmu komunikasi, public speaking merupakan salah satu kemampuan dasar yang wajib dipelajari oleh mahasiswa. Public speaking merupakan kemampuan untuk menyampaikan pesan yang efisien dengan baik. Sehingga pendengar dapat memahami perkataan yang diucapkan. Public speaking juga tak hanya sekedar berbicara, melainkan juga belajar tentang gestur tubuh.

2. Marketing

Selain mempelajari public speaking, dalam ilmu komunikasi juga mempelajari tentang marketing.Di jurusan ini, kamu bisa belajar tentang kemampuan penjualan secara umum dan berlandaskan pada prinsip-prinsip pemasaran.

3. Riset

Buat kamu yang suka kegiatan riset dan analisis, jurusan ilmu komunikasi bisa menjadi pilihannya. Kamu akan belajar tentang riset gabungan antara soft skill dan hard skill seperti pengetahuan dan teori riset, pengolahan data serta keterampilan menganalisis dan bersikap kritis.

4. Manajemen

Kemampuan manajemen akan dipelajari di prodi Ilmu Komunikasi. Well, semua prodi di kampus, pastinya belajar tentang manajemen. Umumnya, manajemen yang dipelajari adalah mengatur waktu dan mengoordinasikan berbagai hal agar bisa efektif dan efisien.

5. Menulis berita

Salah satu kemampuan yang dipelajari di jurusan ilmu komunikasi adalah menulis berita. Biasanya, alumni jurusan ilmu komunikasi banyak yan menjadi seorang jurnalis atau reporter.

Itulah 5 keahlian yang dipelajari di jurusan ilmu komunikasi, selain mata kuliah yang formal. Sementara itu, Anisti mengajak, bagi yang berminat dengan jurusan Ilmu Komunikasi bisa mendaftar langsung ke Universitas BSI.

“Universitas BSI sudah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk perkuliahan bulan September 2022. PMB Universitas BSI sudah masuk pada gelombang 3, dan akan berakhir pada 7 Juni 2022 mendatang. Untuk melakukan pendaftaran, cukup mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/ ,” paparnya.

Jurusan ini sendiri, tersebar di beberapa kampus, seperti Universitas BSI kampus Tangerang, Universitas BSI kampus Ciputat, Universitas BSI kampus Margonda, Universitas BSI kampus Cengkareng, Universitas BSI kampus BSD, Universitas BSI kampus Kaliabang, Universitas BSI kampus Kalimalang dan Universitas BSI kampus Pemuda.

“Bagi mahasiswa yang memang terkendala biaya, Universitas BSI membuka pembayaran kuliah yang bisa dilakukan dengan cicilan, sebesar 600 ribuan saja perbulannya melalaui aplikasi Danacita,” katanya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement