Saturday, 26 Zulqaidah 1443 / 25 June 2022

Jakarta Gelar Car Free Day, Bagaimana di Kota Bandung?

Ahad 22 May 2022 12:46 WIB

Rep: fauzi ridwan/ Red: Hiru Muhammad

Sejumlah perempuan yang tergabung dalam Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Bandung, berjalan memakai kebaya, di Car Free Day (CFD), Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Ahad (14/7). (ilustrasi)

Sejumlah perempuan yang tergabung dalam Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Bandung, berjalan memakai kebaya, di Car Free Day (CFD), Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Ahad (14/7). (ilustrasi)

Foto: Republika/Edi Yusuf
Pemkot Bandung masih menerapkan PPKM level dua dengan pelonggaran dan pembatasan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Kasus penyebaran Covid-19 yang semakin melandai membuat sejumlah daerah melonggarkan kegiatan seperti Car Free Day (CFD) di Jakarta yang kembali digelar. Lantas bagaimana dengan kegiatan serupa di Kota Bandung, apakah akan kembali digelar.

Saat dikonfirmasi, Kabid Keselamatan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan Kota Bandung Asep Kuswara mengungkapkan pihaknya memiliki rencana untuk kembali menggelar Car Free Day. Terlebih, kondisi pandemi Covid-19 yang semakin melandai dan vaksinasi yang terus naik.

Baca Juga

"Ada (rencana gelar Car Free Day)," ujarnya saat dikonfirmasi, Ahad (22/5/2022). Namun ia menjelaskan keingunan tersebut masih belum dapat direalisasikan sebab kegiatan Car Free Day di tahun 2022 belum di anggarkan.

"Tapi anggaran (CFD) di tahun 2022 belum di anggarkan," katanya menambahkan. Ia mengungkapkan pihaknya akan mendorong agar anggaran kegiatan Car Free Day dapat masuk pada pembahasan APBD-perubahan. "Nanti mungkin di perubahan ada, mudah-mudahan ada," katanya.

Sebelumnya, pemerintah Kota Bandung masih menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level dua dengan sejumlah pelonggaran dan pembatasan. Kapasitas dan jam operasional kegiatan usaha masih dibatasi.

Namun terbaru, presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan pelonggaran boleh tidak memakai masker di ruang terbuka. Salah satu obyek wisata yang sudah menerapkan hal tersebut yaitu Kebun Binatang Bandung.

Humas Kebun Binatang Bandung Sulhan Syafii mengatakan pihaknya masih menunggu aturan teknis peraturan Wali Kota Bandung tentang pelonggaran boleh tidak memakai masker di ruang terbuka. Namun kebijakan internal memperbolehkan pengunjung masuk tanpa masker.

 

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA