Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

10 Film Horor yang Tampak Nyata Banget

Sabtu 21 May 2022 20:44 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Misery (1990)

Misery (1990)

Ini 10 Film Horor yang Tampak Nyata Banget

VIVA – Ada banyak film horor hebat yang berfokus pada teror supernatural atau monster menyeramkan. Namun, terkadang hal yang paling menakutkan dari sebuah film didasarkan pada kenyataan. Jika penonton menyaksikan kengerian terungkap di layar dan tahu hal seperti itu benar-benar bisa terjadi, itu bisa sangat meresahkan.

Film-film berikut ini hanya mengandalkan kejahatan yang ada di dunia nyata dan ancaman yang sangat mungkin terjadi. Jenis cerita ini akan menghadirkan sensasi khas film horor dengan ketakutan yang mungkin bertahan lebih lama pada pemirsa. Berikut telah kami rangkum sederet film horor yang tampak nyata.

10. Henry: Portrait Of A Serial Killer (1986)

 

Begitu banyak film horor yang menampilkan pembunuh berantai sebagai pemeran antagonis utama mereka, tetapi Henry: Portrait of a Serial Killer mengambil pendekatan baru dengan menampilkan si pembunuh sebagai protagonis.

Michael Rooker berperan sebagai karakter tituler yang berkeliling mengirimkan korban satu per satu. 

Film ini tampaknya tidak tertarik untuk menunjukkan aspek karakter yang dapat ditebus dan seperti yang dikatakan Redditor DylanTaylor1 secara sederhana "berhubungan dengan kejahatan manusia." Studio karakter seorang pembunuh membuatnya lebih meresahkan daripada Michael Myers atau Jason Vorhees.

9. Misery (1990)

 

Sementara cerita Stephen King seringkali berhubungan dengan aspek supernatural, mulai dari monster badut hingga vampir. Namun, Misery adalah salah satu adaptasi dari tulisan King yang membuat penonton menggeliat dengan pendekatannya yang membumi. 

James Caan membintangi film tersebut sebagai seorang novelis yang terluka dalam kecelakaan mobil dan dirawat di ruang isolasi oleh seorang penggemar obsesif. Penampilan Kathy Bates sebagai orang yang tampaknya sederhana yang secara bertahap menjadi lebih menakutkan benar-benar mengangkat film dan membuatnya "menyeramkan sekali" menurut Redditor Blindows.

8. Cape Fear (1991)

 

Meskipun Cape Fear yang asli adalah klasik itu sendiri, Redditor slingoo mengklaim versi "remake Scorsese adalah yang paling menakutkan" dari cerita ini. Film ini dibintangi oleh kolaborator lama Scorsese, Robert De Niro sebagai seorang pria yang dibebaskan dari penjara yang memulai misi balas dendam terhadap pengacara yang dia salahkan karena menempatkannya di sana. 

Max Cady De Niro menjadi penjahat yang benar-benar mengesankan, bukan karena dia tidak dapat dibunuh atau memiliki kekuatan khusus, tetapi karena tekadnya membuatnya tak kenal lelah. Dia benar-benar merasa semua tindakan menjijikkan dan mengerikannya dibenarkan.

7. Hush (2016)

Film invasi rumah sangat efektif sebagai cerita horor yang membumi karena menempatkan bahaya di tempat yang paling aman bagi kebanyakan orang. Hush menambahkan sentuhan menarik pada materi yang membuatnya semakin berkesan. 

Film ini mengikuti seorang wanita tuli yang secara acak ditargetkan oleh seorang pembunuh bertopeng saat dia mencoba untuk membela diri. Penggunaan ketegangan yang hebat berhasil bagi banyak penggemar dan Redditor BreezyBlink menganggap casting lawan tipe John Gallagher Jr. sebagai pembunuh sebagai "hal yang sangat menarik untuk ditonton."

6. Eden Lake (2008)

Banyak dari film horor realistis ini dimulai dengan sesuatu yang biasa dan tidak mengancam hanya untuk kengerian yang muncul secara tak terduga. Seperti halnya dengan Eden Lake yang dibintangi Kelly Reilly dan Michael Fassbender sebagai pasangan dalam liburan romantis yang bertemu dengan sekelompok pemuda yang mencari masalah. 

Usia penjahat yang masih muda dalam film membuat semuanya menjadi lebih menyeramkan terutama karena mereka tidak dapat beralasan dan melakukan semua hal brutal ini untuk bersenang-senang. One Redditor menggambarkan film itu sebagai "berantakan tetapi terasa sangat nyata."

5. Psycho (1960)

Alfred Hitchcock adalah ahli ketegangan, tetapi dari semua filmnya, Psycho tetap yang paling menakutkan bagi sebagian besar penonton. Film ini mengikuti seorang wanita muda yang, saat dalam pelarian, berhenti di sebuah motel pinggir jalan yang dijalankan oleh Norman Bates yang menyeramkan dan ibunya. 

Film ini dibuka dengan begitu banyak tikungan mengejutkan yang menjadi terobosan saat dirilis. Itu juga membantu memperkenalkan gagasan tentang orang yang tampaknya sopan menjadi pembunuh gelap dan sadis di bawahnya. Ketika berbicara tentang film horor yang membumi, Redditor KingEuronIIIGreyjoy berteori bahwa Psycho adalah "mungkin salah satu contoh paling OG."

4. Martyrs (2008)

Film Prancis Martyrs mengikuti dua wanita muda yang berteman satu sama lain saat tumbuh di panti asuhan. Bertahun-tahun kemudian, salah satu wanita menghadapi masa lalu kelamnya yang terkait dengan sekte misterius dan sadis yang ingin menemukan kebenaran tentang kehidupan setelah kematian. 

Film ini adalah pengalaman brutal dan tentu saja tidak untuk semua orang. Tapi sementara beberapa karakter percaya pada unsur supranatural, Redditor Pjoernrachzarck menunjukkan film itu adalah kisah "horor manusia sejati."

3. Bone Tomahawk (2015)

 

Sementara banyak film horor membumi tampaknya menjadi cerita modern, Redditor VJDargil mengakui bahwa Bone Tomahawk memberikan "sentuhan barat" pada genre tersebut. Kurt Russell berperan sebagai sheriff yang memimpin pagar betis untuk memburu sekelompok kanibal. 

Ada banyak film yang menunjukkan kehidupan brutal dan kejam di Barat Lama, tetapi hanya sedikit yang mengerikan dalam penggambarannya seperti Bone Tomahawk. Ini adalah petualangan yang mengasyikkan dan mengejutkan dengan momen-momen yang tidak akan segera dilupakan oleh pemirsa.

2. The House That Jack Built (2018)

 

Pembuat film Lars von Trier dikenal karena film-filmnya yang menantang dan sering mengganggu. Saat melangkah ke dalam cerita tentang seorang pembunuh berantai, The House That Jack Built menempati peringkat sebagai salah satu proyeknya yang paling meresahkan. 

Film ini dibintangi Matt Dillon sebagai pembunuh berantai dan hanya mengikutinya saat dia melakukan kejahatannya yang memuakkan. Seperti Henry: Portrait of a Serial Killer, menghabiskan begitu banyak waktu dengan karakter jahat seperti itu sulit bahkan jika Redditor Puddinhead420 mengakui bahwa mereka "menganggapnya sebagai komedi gelap."

1. Green Room (2015)

 

Salah satu hal paling efektif yang bisa dilakukan film horor adalah menghubungkan perasaan putus asa bagi para pahlawan. Green Room sangat banyak menyampaikan ini dalam kisah sederhana namun mencekam dari sebuah band punk rock yang menemukan diri mereka terjebak oleh geng neo-Nazi. 

Kekerasannya brutal namun nyata dan tindakan penjahat film itu sangat dingin dan penuh perhitungan sehingga mengerikan. Redditor Dalsiandon juga menunjukkan bahwa "Patrick Stewart menakutkan" sebagai pemimpin kelompok Nazi.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA