Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Inggris Alokasikan Dana Khusus Lindungi Masjid dan Sekolah Muslim

Jumat 20 May 2022 23:44 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Inggris. Inggris gulirkan program perlindungan masjid dari kejahatan rasial

Ilustrasi Inggris. Inggris gulirkan program perlindungan masjid dari kejahatan rasial

Foto: Andi Rain/EPA-EFE
Inggris gulirkan program perlindungan masjid dari kejahatan rasial

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Pemerintah Inggris mengalokasikan 24,5 juta pound sterling untuk membantu meningkatkan langkah-langkah keamanan dalam rangka melindungi masjid dan sekolah agama Muslim.

Hal ini dilakukan dalam konteks terjadinya peningkatan kejahatan rasial dalam beberapa tahun terakhir di Inggris. 

Baca Juga

Pada 2020-21, para pejabat Inggris mengatakan 45 persen kejahatan rasial agama yang dicatat polisi di Inggris dan Wales ditargetkan terhadap Muslim. 

Tempat-tempat ibadah dapat mengajukan penawaran dana untuk menerapkan langkah-langkah keamanan guna membantu mengatasi ancaman ini. 

Ini dapat mencakup pemasangan kamera CCTV dan pagar keliling untuk memastikan bahwa ada langkah-langkah yang memadai untuk melindungi jamaah. 

Para Muslim juga akan bisa mendaftarkan minat mereka dalam layanan penjaga keamanan di masjid, untuk memastikan bahwa komunitas mereka dapat beribadah dengan aman dan tanpa rasa takut. Selain itu, sebanyak 3,5 juta pound sterling tersedia untuk komunitas agama lain melalui Places of Worship Fund pemerintah. 

Dana tersebut terbuka untuk semua tempat ibadah yang merasa rentan terhadap kejahatan rasial. "Ini adalah hak mendasar untuk dapat mempraktikkan keyakinan Anda di komunitas Anda," kata Menteri Keamanan Inggris Damian Hinds, dilansir Khaleej Times, Jumat (20/5/2022). 

Dia menambahkan, putaran pendanaan baru ini akan menutupi biaya langkah-langkah keamanan untuk tempat-tempat ibadah untuk mencegah dan mencegah serangan kejahatan kebencian terhadap komunitas yang rentan, membuat jalan-jalan kita lebih aman. 

"Saya mendorong setiap tempat ibadah yang merasa rentan terhadap kejahatan rasial untuk mengajukan pendanaan melalui Place of Worship Fund," ujarnya. 

Iman Atta, direktur kelompok kampanye Tell MAMA yang mendukung korban kebencian anti-Muslim, mengatakan, dukungan tambahan dari pemerintah ini untuk memastikan dukungan keamanan melalui layanan penjagaan disambut hangat dan sangat dibutuhkan. Tell MAMA telah secara teratur meminta dukungan tambahan untuk institusi dan masjid Islam dan sejalan dengan layanan pemantauan dan dukungan kejahatan rasial anti-Muslim nasional yang diberikan Tell MAMA secara berkelanjutan. "Secara kolektif, dukungan dari pemerintah ini harus disambut dan diapresiasi," katanya. 

Places of Worship Fund adalah bagian dari komitmen pemerintah untuk memastikan bahwa komunitas agama di Inggris dan Wales dilindungi dari ancaman serangan kejahatan rasial dengan menyediakan dana untuk tempat ibadah seperti gereja, masjid, gurdwara, kuil, dan pusat komunitas agama terkait untuk meningkatkan keamanan fisik. 

Survei Kejahatan untuk Inggris dan Wales menunjukkan penurunan jangka panjang dalam kejahatan kebencian secara keseluruhan.

Peningkatan kejahatan rasial yang dicatat polisi dalam beberapa tahun terakhir telah didorong oleh perbaikan dalam pencatatan kejahatan dan identifikasi yang lebih baik tentang apa yang merupakan kejahatan rasial.     

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA