Jumat 20 May 2022 14:30 WIB

Doa Nabi Ibrahim dalam Surat Asy Syu'ara

Ada enam doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Berdoa (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, (Alquran surat Asy Syu'ara ayat 83-89).

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ # وَاجْعَلْ لِي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ # وَاجْعَلْنِي مِنْ وَرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ # وَاغْفِرْ لِأَبِي إِنَّهُ كَانَ مِنَ الضَّالِّينَ # وَلَا تُخْزِنِي يَوْمَ يُبْعَثُونَ # يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ # إِلَّا مَنْ أَتَى اللَّهَ بِقَلْبٍ سَلِيمٍ 

Baca Juga

(Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh (83) dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian (84) dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh kenikmatan (85) dan ampunilah bapakku, karena sesungguhnya ia adalah termasuk golongan orang-orang yang sesat (86) dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan (87) (yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna (88) kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih, (89)

Pakar tafsir Alquran yang juga pengasuh Pondok Pesantren Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran, Ustaz Syahrullah Iskandar mengatakan bahwa nabi Ibrahim menjelaskan kepada kaumnya tentang patung-patung yang disembah kaumnya itu tidak akan mampu mendengar permohonan mereka, tidak akan dapat memberikan manfaat maupun bahaya. Nabi Ibrahim menyeru agar kaumnya itu tak menyembah berhala. Ia mengajak kaumnya untuk mengikuti dan meneladaninya untuk bertauhid.  

Dari percakapan dengan kaumnya, nabi Ibrahim memanjatkan doa kepada Allah. Ada enam doa yang dipanjatkan nabi Ibrahim.  Pertama, nabi Ibrahim meminta dianugerahkan hukman. Maksudnya ma'rifah. Dengan batasan-batasan dan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan Allah. Ada juga yang menafsirkan hukman sebagai amal ilmiah. 

"Jadi sebuah kenikmatan yang diminta nabi Ibrahim agar mampu meraih ma'rifah nya Allah SWT. Dalam tafsiran sebagaimana di kitab ini, hukman disitu adalah ma'rifah tentang Allah,"  kata ustaz Syahrullah dalam kajian kitab Min wahyil Quran karya Syekh Yasin Muhammad Yahya beberapa hari lalu.

Sehingga nabi meminta agar Allah menganugerahkan kepadanya selalu melakukan perbuatan yang didasari keilmuan bukan perbuatan yang didasari ketidak tahuan. Kedua, nabi Ibrahim meminta kepada Allah agar disertakan dengan golongan orang-orang yang saleh. Nabi ibrahim memohon agar ia tergolong dari kumpulan orang-orang yang sempurna dalam hal memberikan kemaslahatan bagi diri dan orang lain. 

Kata assholihin ada beberapa penafsiran. Ada yang mengatakan maksudnya adalah golongan anbiya. Namun pendapat yang palong banyak tentang assolihin adalah orang yang perbuatan yang bersumber dari dirinya memberikan keteladanan bagi orang lain. Pendapat lain mengatakan, yaitu golongan para nabi sebelum nabi ibrahim. Ada lagi yang mengatakan bahwa disitu nabi Ibrahim memohon tergolong penghuni surga. 

Ketiga, nabi Ibrahim memohon agar lisannya selalu berkata yang benar. Ada yang menafsirkan bahwa nabi Ibrahim memohon agar selalu disebutkan baik oleh umat setelah umatnya. Nabi Ibrahim menghendaki agar memperoleh reputasi yang baik. Sehingga generasi setelahnya selalu mengenang baik. Sehingga dakwahnya berkelanjutan. Doa ini terbukti, bahwa jejak-jejak nabi Ibrahim dilanjutkan oleh generasi selanjutnya termasuk nabi Muhammad SAW. 

Keempat, nabi Ibrahim memohon termasuk orang-orang yang berhak atas surga. Kelima, nabi Ibrahim memohon ampunan untuk bapaknya, dan keenam memohon agar Allah tidak menghinakan ia ketika hari kebangkitan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement