Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Kelelahan Saat Bagun Pagi Bisa Jadi Gejala Kanker

Senin 23 May 2022 05:00 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Bangun tidur (ilustrasi). Kelelahan saat bangun tidur dapat menjadi gejala kanker.

Bangun tidur (ilustrasi). Kelelahan saat bangun tidur dapat menjadi gejala kanker.

Foto: PxHere
Fatigue alias merasa sangat lelah dan kurang berenergi dapat menjadi gejala kanker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu gejala kanker yang tidak terlalu jelas adalah fatigue. Menurut Cancer Research UK, fatigue berarti merasa sangat lelah dan kekurangan energi.

"Ini bisa menjadi gejala kanker itu sendiri atau efek samping pengobatan," jelas Cancer Research UK, seperti dikutip dari laman Express, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga

Fatigue dapat memiliki banyak penyebab dan sebagian besar tidak berbahaya. Namun, ada beberapa tanda bahwa kelelahan Anda bersifat kanker. Menurut Cancer Research UK, susah bangun di pagi hari bisa menandakan Anda mengalami kelelahan terkait kanker.

Tanda-tanda lainnya termasuk kurang berenergi. Saat menderitanya, Anda mungkin hanya ingin tetap di tempat tidur sepanjang hari, merasa tidak bisa diganggu untuk berbuat banyak.

Tanda lainnya adalah masalah tidur, seperti tidak bisa tidur atau mengalami gangguan tidur, merasa cemas, sedih, atau depresi. Anda juga kerap mengalami nyeri pada otot. Anda mungkin merasa sulit untuk menaiki tangga atau berjalan dalam jarak dekat.

Bukan hanya itu, Anda juga dapat merasa sesak napas setelah melakukan tugas-tugas kecil, seperti mandi atau merapikan tempat tidur. Gejala lainnya ialah sulit berkonsentrasi, bahkan hanya menonton TV atau berbicara dengan teman baik.

Sulit untuk berpikir jernih atau membuat keputusan dengan mudah juga menjadi salah satu gejala kanker. Gejala berikutnya ialah kehilangan minat dalam melakukan hal-hal yang biasanya Anda nikmati serta perasaan negatif tentang diri sendiri dan orang lain.

"Kanker dapat menyebabkan pembengkakan di bagian tubuh tertentu, membuat anggota tubuh Anda lebih berat dan lebih sulit untuk digerakkan," jelas Macmillan Cancer Support.

"Anda mungkin juga mengalami penurunan jumlah sel darah merah atau perubahan kadar hormon, yang dapat menyebabkan kelelahan."

Kabar baiknya kelelahan ini bisa dikelola. Tim perawatan kesehatan Anda mungkin dapat membantu mencegah atau menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan kualitas hidup Anda, menurut Macmillan Cancer Support.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA