Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Tokopedia Umumkan Tren Belanja Kuartal I/2022

Jumat 20 May 2022 08:23 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Tokopedia (Imamatul Silfia)

Tokopedia (Imamatul Silfia)

Temuan dari catatan laporan tren belanja Tokopedia adalah terjadi peningkatan pengiriman signifikan pada masyarakat di daerah pada kuartal I/2022.

Tokopedia mengumumkan tren belanja di platformnya pada kuartal I/2022. Salah satu temuan dari catatan laporan perusahaan adalah terjadi peningkatan pengiriman signifikan pada masyarakat di daerah.

"Tercatat pengiriman terjauh di Tokopedia, yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura. Pengiriman antarpulau pun semakin meningkat di kuartal I 2022, dengan peningkatan paling tinggi sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua," Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communications Tokopedia, dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (19/5).

Baca Juga: Bingung Cara Kelola Uang THR? Simak 5 Tips Cermat Manfaatkan THR Ala Tokopedia

Sementara itu, bila melihat laporan per kategori, kategori Rumah Tangga, Kesehatan, Makanan dan Minuman, Elektronik, serta Fesyen menjadi kategori yang memiliki jumlah transaksi tertinggi.

"Kategori-kategori itu menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat pada kuartal I 2022,” ungkap Ekhel.

Pada kategori Rumah Tangga, produk yang paling laris, antara lain bantal kepala, stop kontak, dan benih/bibit tanaman. Sedangkan di kategori Kesehatan, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai, serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari.

Di kategori Makanan dan Minuman, minyak goreng, mie instan, serta buah-buahan adalah beberapa produk paling laku. Pada kategori Elektronik, earphone, bohlam lampu, serta speaker menjadi produk paling banyak dibeli.

Kemudian, produk kaos, sandal, serta sneakers jadi yang terlaris dicari masyarakat pada kategori Fesyen Pria. Untuk kategori Fesyen Wanita, sandal, tas selempang, dan daster menjadi produk yang paling laris. 

Di sisi lain, inisiatif Hyperlocal Tokopedia juga menunjukkan beberapa tren pada kuartal I/2022. Misalnya, wilayah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi adalah Tanjung Pinang, Pekalongan, Gowa, Gianyar, dan Lampung Selatan.

Wilayah dengan peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di antaranya Asmat, Halmahera Utara, Probolinggo, Jepara, dan Kepulauan Selayar. Sedangkan wilayah dengan kenaikan transaksi paling tinggi adalah Tanjung Balai, Serang, Banyuasin, Karangasem, dan Gorontalo.

Baca Juga: Luncurkan Allo Bank, Konglomerat Chairul Tanjung Ceritakan Awal Mula Bank Digital Besutannya

“Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku UMKM lokal agar bisa bangkit bersama dan turut mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA