Jumat 20 May 2022 07:26 WIB

Koalisi Dini Poros Tengah dan Figur tak Berpartai yang Diperhitungkan

Para elite partai politik secara perlahan sudah mulai menginjak pedal gas.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Agus Yulianto
Koalisi Indonesia Bersatu
Foto: infografis republika
Koalisi Indonesia Bersatu

REPUBLIKA.CO.ID, Dalam menyongsong ajang pertarungan politik nasional menuju Pemilihan Presiden 2024, beserta proses-proses politik yang menyertainya, para elite partai politik (parpol) secara perlahan sudah mulai meingnjak pedal gas.

Baru-baru ini, peristiwa menarik yang menjadi perhatian publik adalah saat 'silaturahmi lebaran' antara ketua parpol. Prabowo Subianto berkunjung ke kediaman Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Jakarta Pusat.

Di waktu yang hampir bersamaan terbentuk 'Koalisi Dini' bernama Koalisi Indonesia Bersatu yang diinisiasi oleh Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, bersama Zulkifli Hasan (PAN) dan Suharso Monoarfa (PPP).

Selain menyepakati koalisi awal, agenda pertemuan yang digelar di Rumah Heritage, Jakarta Pusat itu juga mencoba untuk melambungkan calon pasangan Airlangga Hartarto dan Ridwan Kamil sebagai ajang tes ombak.

 

Tak jauh dari Rumah Haritage, Jakarta Pusat tempat silaturahim tiga ketum parpol itu. Di Teuku Umar, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri sama-sama menikmati opor lebaran sebagai medium diplomasi.

Sulit menampik jika pertemuan antarelite itu tidak bernuansa politis mengingat jarak waktu menjelang palagan Pilpres kian mendekati menit-menit akhir.

 

photo
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto - (Bumn)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement