Kamis 19 May 2022 18:47 WIB

Jalan Tol Bengkulu-Taba akan Diresmikan Juli Mendatang

Jalan tol Bengkulu-Taba akan diresmikan pada Juli dengan panjang 17,6 kilometer.

Jalan tol Bengkulu-Taba akan diresmikan pada Juli dengan panjang 17,6 kilometer.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Jalan tol Bengkulu-Taba akan diresmikan pada Juli dengan panjang 17,6 kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, BENGKULU -- Pemerintah Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa jalan tol pertama tahap pertama Bengkulu - Taba Penanjung dengan panjang 17,6 kilometer segera diresmikan pada Juli mendatang. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Kamis (19/5/2022), mengatakan bahwa pihaknya dan PT Hutama Karya telah menyepakati peresmian jalan tol pertama di Bengkulu pada Juli.

"Kita agendakan pada pertengahan Juni atau awal Juli tergantung jadwal dari Presiden RI Joko Widodo," kata Rohidin.

Baca Juga

Sebab, saat ini konstruksi jalan tol tahap pertama Bengkulu - Taba Penanjung telah 100 persen sehingga dapat digunakan. Tol tersebut memiliki kecepatan rencana sebesar 80 km/jam dan memiliki waktu tempuh lebih kurang 15 menit dari Bengkulu ke Taba Penanjung yang sebelumnya memakan waktu sekitar satu jam.

Diketahui, tol tersebut memiliki 21 jembatan, dua simpang sebidang dan satu buah interchange serta konstruksi yang membelah bukit dan menyeberangi Lembah serta Sungai. Untuk jumlah jembatan dalam tol tersebut cukup banyak dan terdapat jembatan panjang dengan sembilan bentang sebanyak dua buah dengan total panjang jembatan masing-masing kurang lebih 300 meter.

Kemudian, untuk pembangunan jalan tol Bengkulu - Lubuk Linggau tahap kedua yaitu dari Taba Penanjung ke Kabupaten Kepahiang sepanjang 23,7 kilometer segara dimulai. Lanjut Rohidin, pembangunan tahap kedua tersebut telah disetujui oleh Kementerian PPN/Bapprnas RI pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2022.

Sebab, program pembangunan tersebut telah masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) pada anggaran 2023. Saat ini pembangunan tol tahap kedua sedang dalam proses pembebasan lahan untuk digunakan sebagai lokasi tol nantinya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement