Kamis 19 May 2022 18:16 WIB

Livescore SEA Games; Imbang di Waktu Normal, Timnas Vs Thailand Lanjut ke Extra Time

Kedua tim benar-benar tampak sama kuat.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Airfan Doloh dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Airfan Doloh dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Timnas U-23 Indonesia ditahan imbang hingga 90 menit waktu normal saat menghadapi Thailand pada semifinal SEA Games 2021 Vietnam di semifinal SEA Games 2021 Vietnam, Kamis (19/5). Kedua tim saling serang untuk mencari gol tapi harus puas dengan skor kacamata dan pertandingan harus berlanjut ke perpanjangan waktu. 

Garuda Muda memberikan inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Peluang pertama dimiliki Indonesia di menit kedua saat mendapat hadiah tendangan bebas atas pelanggaran terhadap Ricky Kambuaya. Marc Klok mengeksekusi tendangan bola mati ke arah gawang tapi itu masih meleset tipis. 

Baca Juga

Indonesia lebih unggul dalam penguasaan bola di 10 menit pertama. Pasukan Merah Putih mendapat hadiah tendangan bebas di menit ke-11, Egy melepaskan umpan ke tengah kotak penalti tapi tidak ada bahaya yang menyusul meskipun sempat terjadi kemelut di area pertahanan Thailand. 

Thailand mendapat peluang dari situasi bola mati di menit ke-17. Tapi itu masih bisa disapu keluar dari area pertahanan oleh Fachruddin. Dua menit berselang, Thailand mendapatkan tendangan sudut dan lagi-lagi tidak ada ancaman berarti yang diciptakan ke gawang Ernando. 

Di menit ke-25, Indonesia mencoba membangun serangan dari sisi kanan. Marselino mencoba melewati pemain belakang Thailand tapi berhasil digagalkan. Egy datang membantu dan berhasil melepaskan umpan ke tengah kotak penalti tapi bola berhasil disapu keluar kotak penalti oleh bek Thailand. 

Sejurus kemudian, giliran Thailand yang memberikan ancaman ke gawang Indonesia. Setalah serangan mereka berhasil mencapai area kotak penalti, Benjamin Davis membuka ruang tembak sebelum melepaskan tendangan langsung ke gawang. Beruntung bola yang mengarah ke tengah atas berhasil ditepis oleh Ernando. 

Thailand mengancam dari situasi bola mati di depan kotak penalti dan melalui tendangan sudut di menit ke-30. Sempat terjadi kemelut di mulut gawang Indonesia. Beruntung bagi Indonesia, bola lebih dulu meninggalkan lapangan permainan. 

 

Indonesia berbalik memberikan serangan bertubi-tubi ke area pertahanan Thailand. Namun, beberapa peluang seperti yang dimiliki Alfeandra dan Ricky Kambuaya belum berhasil dimaksimalkan menjadi gol. Di menit ke-38, tandukan Rizky saat menyambut umpan bola mati dari Egy masih meleset dati sasaran. 

Tim asuhan Shin Tae-yong terus memberikan tekanan di waktu tersisa. Peluang tercipta saat Egy mengeksekusi tendangan bola mati, tapi berhasil dibuang keluar oleh pemain Thailand. Selanjutnya Marc Klok mengambil tendangan sudut yang mengarah langsung ke gawang, tapi itu hanya membentur mistar gawang. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata. 

Di babak kedua, Thailand tampil keluar untuk memberikan inisiatif serangan. Tekanan diberikan sejak menit awal babak kedua. Peluang terbaik  dimiliki Thailand di menit ke-48 saat Korawich berhasil menembus pertahanan Indonesia dan memberikan umpan ke mulut gawang yang disambut oleh Ekanit. Beruntung bagi Indonesia bola masih meleset di atas mistar gawang. 

Thailand unggul dalam penguasaan bola di sepuluh menit pertama babak kedua. Gelombang serangan dilancarkan pasukan Gajah Perang ke lini pertahanan Indonesia. Dalam beberapa kesempatan terjadi kemelut di area penalti Indonesia. Namun, beruntung skuad Garuda Muda berhasil mengatasinya. 

Tim Gajah Perang terus menggempur pertahanan Indonesia. Beberapa peluang berhasil diciptakan, salah satu peluang berbahaya adalah saat Rizky mencoba menghalau ancaman di depan gawang tapi malah mengarah ke gawang Ernando. Beruntung bagi Indonesia itu hanya menghasilkan tendangan sudut. 

Di menit ke-70 Indonesia akhirnya bisa keluar dari tekanan Thailand. Peluang dimiliki saat Abimanyu mengeksekusi tendangan bebas yang diarahkan langsung ke gawang namun masih bisa diamankan oleh kiper. Sejurus kemudian, Ricky memiliki peluang di area kotak penalti Thailand tapi bola disambar sebelum ia sempat melepaskan tembakan. 

Tiga menit berselang, Garuda Muda mulai bangkit dengan menciptakan peluang bertubi-tubi dari situasi tendangan sudut. Peluang terbaik diciptakan Klok saat ia melanjutkan umpan dengan tandukan ke gawang, namun itu masih dapat ditepis oleh Kawin untuk menghasilkan tendangan sudut lainnya. Kawin melakukan beberapa penyelamatan penting untuk Thailand. 

Peluang dimiliki Egy ketika mendapatkan umpan lambung dari Saddil di menit ke-85 untuk melancarkan serangan balik. Namun, Egy yang mendapat gangguan dari dua pemain Thailand hanya bisa melepaskan tembakan lemah yang bisa diamankan dengan mudah oleh Kawin. Kedua tim mengalami kebuntuan hingga babak kedua berakhir, laga terpaksa dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement