Tuesday, 29 Zulqaidah 1443 / 28 June 2022

Begini Cara Meminta Bantuan Petugas Kesehatan Lewat Aplikasi TeleJemaah

Jumat 20 May 2022 00:14 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Gita Amanda

Koordinator Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes) Madinah, Arif Budiarto saat memperkenalkan aplikasi ini kepada peserta bimbingan teknis petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (18/5) malam.

Koordinator Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes) Madinah, Arif Budiarto saat memperkenalkan aplikasi ini kepada peserta bimbingan teknis petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (18/5) malam.

Foto: Republika/ali yusuf
TeleJemaah dapat membantu jamaah haji yang sakit agar segera mendapat pertolongan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI terus berinovasi demi memberikan pelayanan, pembinaan dan perlindungan terbaik kepada jamaah haji. Tahun 2022 ini, Pusat Kesehatan Haji membuat sistem informasi dalam bentuk aplikasi yang bisa memantau aktivitas kesehatan jamaah haji mulai dari Tanah Air Indonesia sampai di tanah suci Arab Saudi. Aplikasi buatan putra bangsa ini namanya 'TeleJemaah'

"TeleJemaah ini bisa diunduh di PlayStore dan gratis," kata Koordinator Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (Siskohatkes) Madinah, Arif Budiarto saat memperkenalkan aplikasi ini kepada peserta bimbingan teknis petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan di Asrama Haji Pondok Gede, Rabu (18/5/2022) malam.

Baca Juga

Arif mengatakan, aplikasi ini penting diperkenalkan kepada seluruh petugas kesehatan haji PPIH Arab Saudi bidang kesehatan. Dan selanjutnya TeleJamaah ini tinggal diperkenalkan oleh petugas kesehatan PPIH dan TKH kepada seluruh jamaah haji Indonesia untuk digunakan selama oprasional haji di Arab Saudi.

Arif menegaskan, memperkenalkan aplikasi 'TeleJemaah' ini menjadi bagian dari pekerjaan petugas kesehatan haji sebagai pelayan, pembina dan pelindung jamaah haji sesuai amanah undang-undang. 'TeleJemaah' telah diperkenalkan kepada petugas kesehatan dari Indonesia mulai dari Puskesmas, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, provinsi dan embarkasi, dan selanjutnya diperkenalkan oleh petugas kloter dan nonkloter kepada jamaah haji.

"Banyak sakali manfaat yang akan diterima jamaah haji jika mau menginstal TeleJamaah," kata Arif.

Arif menuturkan, salah satu di antara manfaat yang akan banyak dirasakan jamaah haji adalah ketika dia (jamaah) mengalami rasa sakit dan membutuhkan segera pertolongan petugas kesehatan. Petugas kesehatan akan segera datang memberikan bantuan yang dibutuh ketika menekan menu petir pada aplikasi TeleJemaah.

"Dengan menekan gambar petir di menu TeleJemaah maka petugas akan segera datang membantu," katanya.

Arif menturkan ada 12 item di dalam menu TeleJemaah yang bisa digunakan jamaah haji jika memerlukan bantuan petugas kesehatan. Ke-12 item itu di antaranya:

1. Input Data Kesehatan dengan simbol hati. Item ini untuk mendeteksi dini kesehatan jamaah.

2. Informasi Vaksinasi dengan simbol jarum suntik. Item ini dapat mengetahui Sudah berapa kali jamaah di vaksin.

3. Informasi Obat yang Dibawa dengan simbol obat kapsul dan tablet. Item ini dapat mengetahui obat apa saja yang dibawa jamaah haji.

4. Riwayat Pemeriksaan dengan simbol stetoskop. Item ini untuk mengetahui riwayat pemeriksaan kesehatan jamaah haji.

5. Tabel Data Kesehatan dengan simbol kalender untuk mengetahui data yang sudah diinput oleh jamaah haji.

6. Kontak Petugas dengan simbol telepon genggam. Item ini untuk komunikasi antara jamaah dengan petugas kesehatan.

7. Informasi kesehatan dengan simbol tanda tanya untuk menyampaikan pesan penting bagi jamaah haji.

8. Perkiraan cuaca dengan simbol matahari, awan dan tetesan air hujan. Item ini untuk mengetahui kondisi terkini cuaca di Arab Saudi.

9. Penunjuk arah dengan simbol tanda panah bisa digunakan bagi jamaah haji untuk mencari lokasi pelayan kesehatan.

10. Galeri poster dengan simbol foto ini sebagai pesan dan promosi kesehatan jamaah haji.

11. Galeri foto video dengan simbol kamera ini untuk menayangkan pesan kesehatan yang berbentuk multimedia.

12. Galeri artikel sebagai pesan edukasi jamaah haji dalam bentuk narasi berita.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA