Kamis 19 May 2022 16:42 WIB

Pelindo Segera Operasikan Tol Cibitung-Cilincing

Waskita Toll Road sudah mendivestasikan ruas tol Cibitung-Cilincing ke Pelindo.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Foto udara sejumlah kendaran melintasi Jalan Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 interchange Telaga Asih di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (ilustrasi). PT Waskita Toll Road sudah mendivestasikan kepemilikan ruas tol Cibitung-Cilincing kepada Pelindo.
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Foto udara sejumlah kendaran melintasi Jalan Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 interchange Telaga Asih di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (ilustrasi). PT Waskita Toll Road sudah mendivestasikan kepemilikan ruas tol Cibitung-Cilincing kepada Pelindo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memastikan Jalan Tol Cibitung-Cilincing akan segera dioperasikan khususnya untuk seksi I, II, dan III. Wakil Direktur Utama Pelindo Hambra mengatakan rencananya tol tersebut juga akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. 

"Mudah-mudahan bulan depan untuk seksi I, II, III akan diresmikan presiden," kata Hambra saat ditemui di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (19/5/2022). 

Baca Juga

Sebelumnya, PT Waskita Toll Road sudah mendivestasikan kepemilikan ruas tol tersebut kepada Pelindo. Jalan tol tersebut akan menghubungkan sekaligus memperlancar konektivitas logistik, industri, hingga mobilitas masyarakat yang terhubung dari Cibitung hingga Cilincing yakni mulai dari Jalan Tol Jakarta–Cikampek di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian utara.

Tol tersebut juga mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara hingga kawasan industri di sekitarnya. Selain iu juga akan menyambung dengan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung.

Hambra menuturkan, Jalan Tol Cibitung-Cilincing sebetulnya merupakan pekerjaan lama Pelindo sebelum melakukan merger. Pascamerger keeempat BUMN pelabuhan dan resmi menguasai seluruh kepemilikan tol, perseroan fokus pada sisi penyelesaian. 

"Ini adalah salah satu proses percepatan pasca merger," tutur Hambra.

Sebelumnya, Waskita melepas porsi kepemilikan saham sebesar 55 persen kepada PT Akses Pelabuhan Indonesia (PT API) yang merupakan anak perusahaan PT Pelindo (Persero) selaku pemegang saham di PT CTP sebesar 45 persen. Dengan begitu, Tol Cibitung-Cilincing kini 100 persen dikuasai PT API. 

Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang merupakan bagian dari Jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Outer Ring Road (JORR) 2 terus dilakukan penyelesaian konstruksinya secara bertahap. Jalan Tol Cibitung - Cilincing yang melintas pada wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Propinsi DKI Jakarta terbagi menjadi 4 seksi, dan sebelumnya pada tahun 2021 lalu Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 1 ruas SS Cibitung – Telaga Asih sepanjang 2,6 Km sudah resmi dioperasikan. 

Saat ini, Seksi Seksi 2 ruas Telaga Asih – Muara Bakti (10,3 km) progresnya mencapai 98,76 %, dan Seksi 3 ruas Muara Bakti – Kanal Banjir Timur (14,35 km) progresnya mencapai 99,14 % telah memasuki konstruksi tahap akhir dan akan dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF).

Selanjutnya Seksi 4 ruas Kanal Banjir Timur – Cilincing (7,2 km) progresnya mencapai 66,14 persen dan ditargetkan akan selesai konstruksinya pada pertengahan 2022 mendatang, sehingga rampung sudah ke-4 Seksi Jalan Tol Cibitung - Cilincing ini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement