Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

8 Fakta Menarik Usai Eintracht Frankfurt Juarai Liga Europa

Kamis 19 May 2022 09:18 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Para pemain Eintracht Frankfurt berselebrasi dengan trofi usai menjuarai Liga Europa. Frankfurt juara setelah mengalahkan Rangers FC lewat drama adu penalti di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, Kamis, 19 Mei 2022.

Para pemain Eintracht Frankfurt berselebrasi dengan trofi usai menjuarai Liga Europa. Frankfurt juara setelah mengalahkan Rangers FC lewat drama adu penalti di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Spanyol, Kamis, 19 Mei 2022.

Foto: AP/Manu Fernandez
Frankfurt jadi tim Jerman pertama yang sukses juara Liga Europa sejak 25 tahun silam.

REPUBLIKA.CO.ID, SEVILLA -- Partai final Liga Europa 2021/2022 Eintracht Frankfurt kontra Glasgow Rangers berlangsung di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Kamis (19/5/2022) dini hari WIB tadi. Laga berakhir imbang 1-1 selama waktu normal. Sebelum akhirnya Die Adler memenangkan trofi lewat adu penalti.

Wakil asal Jerman, Frankfurt, tertinggal gol lebih dulu dari Rangers melalui Joe Arbo pada menit ke-56. Namun, armada Oliver Galsner berhasil menyamakan kedudukan lewat sontekan jarak dekat Rafael Borre menit ke-69.

Baca Juga

Skor tersebut bertahan hingga membuat laga harus ditentukan melalui adu penalti. Kelima penendang Frankfurt sukses menaklukan kiper Rangers, Allan McGregor. Sedangkan eksekutor the Teddy Bears, Aaron Ramsey, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Frankfurt keluar sebagai pemenang dengan skor 5-4.

Berikut fakta menarik kemenangan Frankfurt atas Rangers dilansir laman resmi UEFA, Kamis (19/5/2022).

1   -- Eintracht Frankfurt jadi tim Jerman pertama yang sukses menjuarai Liga Europa sejak 25 tahun silam. Terakhir wakil Jerman yang merengkuh gelar tersebut adalah FC Schalke pada musim 1996/1997.

1   -- Frankfurt dan Rangers menjadi klub ke-17 dan ke-18 yang berlaga di final Liga Europa. Keduanya juga merupakan finalis pertama dari Jerman dan Skotlandia.

1   -- Frankfurt akan bermain di Liga Champions untuk pertama kalinya. Terakhir Frankfurt berlaga di kompetisi itu terjadi pada 1956/1957. Saat itu, Die Adler keluar sebagai runner-up.

1   -- Pelatih Frankfurt Oliver Glasner menjadi yang pertama sebagai pelatih asal Austria yang sukses menjuarai gelar Eropa, sejak Ernst Happel membawa Hamburg SV juara pada 1983 silam.

2   -- Ini merupakan trofi Eropa kedua bagi Eintracht Frankfurt. Sebelumnya Die Adler menjuarai kompetisi tersebut pada 1979/1980 dengan mengalahkan klub Jerman lainnya, Borussia Moenchengladbach.

3   -- Die Adler, julukan Frankfurt, jadi tim ketiga selain Chelsea serta Villarreal yang memulai kompetisi Liga Europa 2021/2022 sejak babak grup hingga memenangkan gelar tanpa pernah menelan sekali pun kekalahan.

9   -- Ini adalah final Liga Europa kesembilan yang melalui perpanjangan waktu sejak final diubah menjadi pertandingan satu kali pada 1998. Lima di antaranya berakhir melalui adu penalti.

13  -- Frankfurt telah mencetak setidaknya satu gol di masing-masing dari 13 pertandingan Liga Europa musim ini.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA