UMP Siap Buka Prodi Bahasa Mandarin

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Muhammad Fakhruddin

UMP Siap Buka Prodi Bahasa Mandarin. Kompleks kampus UMP.
UMP Siap Buka Prodi Bahasa Mandarin. Kompleks kampus UMP. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah siap membuka prodi Bahasa Mandarin. Saat ini kampus tersebut telah memiliki 49 program studi dan 11 fakultas.

Hal itu diungkapkan Rektor UMP Dr Jebul Suroso dalam acara penandatangan MoU dengan Yayasan Putra Harapan (PU HUA SCHOOL) sekolah tiga Bahasa di Purwokerto, Rabu (18/5/2022).

Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan, kerjasama dengan PU HUA SCHOOL ini merupakan kerjasama pendidikan, dan budaya, karena UMP adalah penyelenggara Pendidikan dan pengembang kebudayaan Indonesia.

“MoU hari ini menjadi momentum untuk melnjutkan kerjasama. Apa yang bisa kita lakukan, praktik mahasiswa kami di perguruan ilmu pendidikan Insya Allah bisa kita lakukan segera di PU HUA SCHOOL. Kemudian pengenalan budaya, khususnya budaya Tiongkok, kita juga segera lakukan sebagai symbol keberagaman,” jelas Dr Jebul Suroso di SMP Puhua, Rabu (18/5/22).

Baca Juga

Ia mengungkapkan, UMP berencana mendirikan Program Studi Bahasa Mandarin, yang akan masuk dalam bagian Fakultas Ilmu Budaya dan Komunikasi. Jumlah pengajarnya bisa diambil dari banyak pihak, dan menurutnya, alumni UMP sudah siap dengan hal itu.

“UMP juga telah memiliki banyak prodi, antara lain di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Pendidikan Geografi (S1), Pendidikan Sejarah (S1), PPKN (S1), Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Biologi (S1), PGSD (S1), dan PGPAUD (S1),” jelasnya. 

Untuk prodi di Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) dan Kedokteran, yakni Keperawatan (D3), Keperawatan (S1), Kebidanan (D3), Kebindanan (S1), Teknologi Laboratorium Medik (D4), Teknik Rekayasa Elektro-Medis (D4), Teknologi Radiologi Pencitraan (D4), Manajemen Informasi Kesehatan (D4), dan Keperawatan Anestesiologi (D4).

"Fakultas Agama Islam memiliki dua prodi, yakni Pendidikan Agama Islam dan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis ada empat prodi, yaitu Manajemen S1, Akuntansi S1, Akuntansi D3, dan Bisnis Digital S1," katanya.

Ia mengatakan Fakultas Pertanian memiliki dua prodi, yakni Agribisnis (S1) dan Agroteknologi (S1), sedangkan di Fakultas Teknik dan Sains terdapat Prodi Teknik Sipil (S1), Teknik Kimia (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Informatika (S1), dan Teknik Mesin (S1).

"Yang lainnya ada Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Sastra prodi Sastra Inggris S1, dan Fakultas Hukum," jelasnya.

Selain prodi untuk jenjang S1, kata dia, UMP juga telah memiliki Program Pascasarjana S2 di antaranya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen, Pendidikan IPS, Pendidikan Dasar, Farmasi, dan Pendidikan Agama Islam.

"Kalau Program Profesi, UMP memiliki Profesi Apoteker, Profesi Ners, Profesi Dokter, Profesi Kebidanan, dan Profesi Pendidikan Guru," katanya.

Menurut dia, UMP terus memberikan kemudahan termasuk bagi calon mahasiswa untuk melakukan pendaftaran kuliah, cukup mengunjungi laman https://pmb.ump.ac.id/.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Kelembagaan Koperasi UMP Terus Diperkuat

UMP Buka Pendaftaran Pertukaran Pelajar Mahasiswa 2022

Shalat Ied di UMP, Merajut Persaudaraan Hakiki di Hari Nan Fitri

UMP Gelar Juguran Milenial Muhammadiyah

UMP Siapkan Beasiswa Kader Senilai Rp 300 juta per PDM

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark