Hujan Deras dan Angin Kencang Bikin 127 Rumah di Kota Depok Rusak

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Erik Purnama Putra

Salah satu rumah warga di Kota Depok yang rusak akibat hujan deras disertai angin kencang (ilustrasi).
Salah satu rumah warga di Kota Depok yang rusak akibat hujan deras disertai angin kencang (ilustrasi). | Foto: Dok Pemkot Depok

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok melaporkan ada 127 rumah rusak akibat hujan deras dengan butiran es disertai angin kencang yang terjadi di beberapa wilayah di Kota Depok pada Ahad (15/5/2022). Ada dua wilayah yang terdampak cukup parah, yakni di Kecamatan Sawangan dan Pancoran Mas.

"Tak hanya ratusan rumah rusak, juga ratusan pohon tumbang. Alhamdulillah, tak ada korban jiwa," kata Kabid Operasional dan Penyelamatan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (17/5/2022).

Menurut Welman, titik lokasi bencana tersebut sebarannya, yakni di Kelurahan Rangkapan Jaya Kecamatan Pancoran Mas tercatat ada 21 rumah yang rusak ringan maupun berat dan di Kelurahan Mampang Kecamatan Pancoran Mas ada 89 rumah yang rusak ringan maupun berat. Selanjutnya, di Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan ada 27 rumah rusak berat dan ringan.

"Kami berhasil menyelamatkan enam orang yang saat kejadian rumahnya tertimpa pohon yakni di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas dan di Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan," terangnya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris terjun langsung mendatangi lokasi puluhan rumah rusak akibat hujan dan angin kencang di RW 03 Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas. "Rata-rata asbes rusak ada yang dua sampai 10 lembar. Saya sudah menginstruksikan untuk segera diberi bantuan logistik makanan dan kebutuhan lainnya serta terpal dan tenda," jelasnya.

Idris menuturkan, Pemkot Depok sudah meminta satuan kerja perangkat daerah (SKPD), terkait seperti Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kota Depok dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok untuk melakukan penanganan bantuan berupa perbaikan rumah rusak. "Kami imbau warga di saat cuaca ektrem saat ini untuk selalu waspada akan terjadinya potensi bencana alam," ujarnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Terkait


Wali Kota Depok Resmi Diinterpelasi DPRD Terkait Program KDS

Pemkot Fasilitasi May Day di Balai Kota Depok Hingga Berlangsung Kondusif

Usai Ikuti Swab Antigen, 11 Guru di Depok Positif Covid-19

Wali Kota Depok Diinterpelasi Anggota DPRD Non-PKS Terkait KDS

Pegawai Pemkot Depok Tes Antigen, 19 ASN Positif Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image