Selasa 17 May 2022 20:08 WIB

Jaz Gandeng Fourtwnty, Rilis Album Kedua: Transisi

Kolaborasi ini terjadi dalam lagu berjudul 'Cause You're Schatzi'.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Jaz berkolaborasi dengan Ari Lesmana dan Andy Armand dari Fourtwnty di //single//
Foto: Sony Music
Jaz berkolaborasi dengan Ari Lesmana dan Andy Armand dari Fourtwnty di //single// "Cause You’re My Schatzi".

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki Mei 2022, solois Jaz merilis album kedua bertajuk Transisi. Seiring dengan perilisan album, penyanyi pop itu merilis satu single dengan judul "Cause You’re My Schatzi" yang merupakan kolaborasi dengan Ari Lesmana dan Andy Armand dari Fourtwnty.

Perkenalan Jaz dengan Ari dan Andy berawal dari teman Jaz yang memintanya mendengarkan salah satu lagu buatan Ari. Tembang tersebut masih mengusung genre yang dia tekuni, tapi juga memiliki sedikit sentuhan pop ala Fourtwnty. Kombinasi itu membuat Jaz tertarik. 

Baca Juga

Pemilik nama asli Aziz Hayat tersebut diajak bertemu Ari dan Andy di studio mereka untuk menyimak demo "Cause You’re My Schatzi" secara langsung. "Akhirnya mereka menyuruh aku untuk mencoba menyanyikan lagu itu," ungkap penyanyi 29 tahun tersebut.

Meski awalnya masih meraba-raba bagaimana cara membawakan "Cause You’re My Schatzi" dengan caranya sendiri, Jaz berhasil menemukan gaya bernyanyi yang ingin dia terapkan pada lagu. Lagu itu sudah diciptakan Ari dan Andy pada 2007 dan proses rekamannya dilakukan pada 2020. 

"Di antara semua laguku, "Cause You’re My Schatzi" adalah lagu dengan proses take vocal terlama, mulai dari setelah Maghrib sampai jam 03.00. Tapi, hasilnya malah tidak dipakai dan kami take lagi di hari yang berbeda," kata Jaz lewat pernyataan resminya.

Ari Lesmana menulis lagu sekaligus bertindak sebagai pengarah vokal. Menurut Jaz, Ari cukup perfeksionis tapi itu justru memberi pengalaman baru baginya. Mengenai tanggapan penggemar, Jaz tidak berekspektasi macam-macam. Yang penting, dia nyaman dengan lagu yang dibawakan. 

Selain itu, Jaz juga yakin bahwa penikmat musiknya akan terus menunggu inovasi baru darinya karena dia tidak mau bermain di zona nyaman. Niat untuk keluar dari zona nyaman inilah yang menjadi tema album kedua. Judul Transisi disebut Jaz sangat mewakili itu.

Transisi merepresentasikan banyak perubahan, baik dalam kehidupannya atau pun industri musik yang terus berkembang. Salah satunya, dengan kemunculan berbagai platform musik digital yang semakin memudahkan masyarakat untuk menikmati musik dan karya musisi. 

Total terdapat delapan lagu di album Transisi. Empat di antaranya sudah dirilis, yaitu "Sedang Jatuh Cinta", "Lucky Ones", "Aku Butuh Kamu", dan "Benar Orang Bilang". Empat tembang anyar yakni "Cause You’re My Schatzi", "Sampai Kapan", "Lebih Baik Darinya", serta "Keadaan yang Salah".

Dalam penggarapan album, Jaz mendapat bantuan dari sesama musisi, seperti Asta RAN, Handy Soulvibe, Bona Pascal, Ari Lesmana Fourtwnty, Eka Gustiwana, dan grup Lalahuta. Jaz juga melibatkan salah satu temannya dari Brunei yang sudah membantunya sejak awal karier.

"Melalui Transisi, aku ingin memperlihatkan perubahan yang telah terjadi dalam karier bermusikku. Di album kedua ini, aku lebih banyak andil. Semua transisi itu aku dapat dari bertemu banyak orang, contohnya musisi yang sudah lama berkarier, dan belajar dari pengalaman mereka," ujar Jaz.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement