Pelonggaran Aturan Bermasker tidak Dianjurkan Bagi Lansia

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Indira Rezkisari

Presiden RI Joko Widodo mengumumkan pelonggaran aturan bermasker di luar ruangan sebagai bagian Indonesia menuju endemi.
Presiden RI Joko Widodo mengumumkan pelonggaran aturan bermasker di luar ruangan sebagai bagian Indonesia menuju endemi. | Foto: BPMI Setpres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker di luar ruangan atau area terbuka. Pelonggaran namun tidak diberlakukan bagi kelompok rentan seperti lansia.

Kebijakan ini disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (17/5/2022), karena memperhatikan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang saat ini terkendali. "Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian  masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," kata Presiden Jokowi dalam keterangan persnya secara daring.

Baca Juga

Namun, Presiden Jokowi mengatakan, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker. Jokowi juga meminta untuk masyarakat yang masuk kategori kelompok rentan seperti lansia, memiliki riwayat penyakit komorbid untuk tetap menggunakan masker.

"Saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas. Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," ujar Jokowi.

Selain itu, pemerintah juga memberi kelonggaran untuk masyarakat yang sudah divaksinasi lengkap, tidak perlu melakukan tes Covid-19. "Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu untuk melakukan tes swab PCR maupun antigen," kata Jokowi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Pemerintah Bolehkan Tidak Pakai Masker di Luar Ruangan dan Area Terbuka

Bahlil: Pemerintah Siap Kawal Investasi Dari AS

Jokowi Singgung Komitmen Negara Maju dalam Pembiayaan Iklim

Tingkat Kepuasan Publik terhadap Pemerintah Turun Dinilai Hal Biasa

Kekhawatiran Jokowi Terhadap Dampak Perang Rusia dan Ukraina

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image