Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Duh… Biaya Pendidikan Naik Terus! Gimana Cara Menyiapkan Keuangannya?

Senin 16 May 2022 21:14 WIB

Rep: Editor (swa.co.id)/ Red: Editor (swa.co.id)

Duh… Biaya Pendidikan Naik Terus! Gimana Cara Menyiapkan Keuangannya?

Duh… Biaya Pendidikan Naik Terus! Gimana Cara Menyiapkan Keuangannya?

Duh… Biaya Pendidikan Naik Terus! Gimana Cara Menyiapkan Keuangannya?

Memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak adalah impian setiap orang tua. Terlebih bagi para orang tua generasi millenial dan bahkan generasi Z, sudah mulai merasakan betapa pentingnya mempersiapkan anak mereka untuk menghadapi persaingan di masa depan.

Namun salah satu tantangan yang dihadapi oleh masyarakat ketika ingin menyiapkan pendidikan bagi anak adalah kenaikan biaya pendidikan. Hal tersebut diperkuat dengan data dari BPS yang menunjukkan bahwa rata – rata kenaikan biaya pendidikan per tahun adalah 10% - 15%.

Lalu bagaimana cara kita menyiapkan dana pendidikan anak yang efektif? Menurut salah satu Perencana Keuangan Finansialku.com, Laurensia Nathania, BA, CFP®, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan:

Menentukan Sekolah

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah berdiskusi dengan pasangan terkait pilihan sekolah yang nanti akan diberikan kepada sang anak. 

Dalam menentukan sekolah biasanya ada 2 kategori orang tua, ada yang masih blank mau nyekolahin anaknya dimana.  Ada pula orang tua yang sudah tahu persis anaknya akan disekolahkan dimana mulai dari TK, SD, SMP, SMA, sampai kuliahnya,” ujar perempuan yang akrab disapa Nia.

Biasanya orang tua menyesuaikan pilihan sekolah dengan nilai – nilai yang dipegang oleh keluarga, bisa dari segi kurikulum nasional atau internasional, negeri atau swasta, fasilitas sekolah, dan lingkungan. 

Selain itu, lokasi sekolah juga bisa menjadi pertimbangan karena nantinya bisa dimasukkan dalam anggaran pada pos transportasi. Apalagi jika ada orang tua yang berencana menyekolahkan anaknya di luar kota atau bahkan negeri, maka akan ada pertimbangan biaya hidup.

Melakukan Survei Harga Sekolah

Setelah menentukan pilihan sekolah, orang tua bisa melakukan survei biaya sekolah. Nia mengungkapkan bahwa mengetahui nominal riil dari biaya sekolah adalah hal penting, mulai dari uang pangkal, uang tahunan, uang bulanan, dan sebagainya. Hal ini membantu orang tua untuk memperoleh gambaran jelas dalam menyusun anggaran dana pendidikan.

Mulai Hitung Estimasi Biaya

Jika sudah terpilih beberapa kandidat sekolah, orang tua bisa mulai menghitung estimasi biaya. Melalui perhitungan ini Anda harus mempertimbangkan inflasi juga agar mendapat gambaran kira – kira berapa besar uang yang harus disisihkan setiap bulannya untuk persiapan dana pendidikan anak Anda.

Evaluasi Rencana Dana Pendidikan

Langkah selanjutnya adalah orang tua melakukan evaluasi dari rencana dana pendidikan yang disesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini. 

“Selain survey dan tahu harus investasi berapa per bulannya, langkah paling penting adalah memastikan rencana tersebut bisa dilaksanakan. Dan bisa/tidaknya tentunya dikembalikan ke kondisi keuangan keluarga,” imbuh Nia. Itulah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan saat mempersiapkan dana pendidikan. Ketahuilah bahwa pendidikan itu penting untuk menyongsong masa depan anak Anda. Sehingga perlu adanya persiapan biaya untuk menjamin pendidikan anak. Agar masa depan anak lebih terjamin dan terjaga dari masalah finansial. (Regine Deanaendra)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan swa.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab swa.co.id.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA