Senin 16 May 2022 15:54 WIB

Daop 6 Layani 647.499 Pelanggan Selama Lebaran 2022

Seluruh perjalanan kereta api berjalan lancar dan selamat.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Sejumlah penumpang kereta api berjalan setibanya di Stasiun Tugu, Yogyakarta.
Foto: Andreas Fitri Atmoko/ANTARA
Sejumlah penumpang kereta api berjalan setibanya di Stasiun Tugu, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Masa Angkutan Lebaran 2022 KAI berlangsung 22 hari H-10 sampai H+10. Sejak 22 April-13 Mei 2022, Daop 6 Yogyakarta melayani 647.499 pelanggan KA Jarak Jauh yang terdiri dari 337.323 penumpang turun dan 310.176 penumpang naik.

Manager Humas KAI Daop 6, Supriyanto mengatakan, penumpang naik dari Daop 6 masa Angkutan Lebaran 2022 tercapai 110 persen dari program atau 282.926 penumpang. Total 27 KA Jarak Jauh terdiri dari 19 KA reguler dan 8 KA tambahan beroperasi.

Puncak arus kedatangan penumpang di Daop 6 terjadi pada 4 Mei 2022 atau 22.400 pelanggan. Adapun puncak arus balik terjadi pada 7 Mei 2022 atau sebanyak 21.318 pelanggan. Ia menilai, banyaknya pelanggan ini menjadi capaian yang luar biasa.

"Angka tersebut sudah mendekati pencapaian volume pelanggan 2019, sehingga kita mempunyai optimisme mengoptimalkan pelayanan pada 2022," kata dia, Senin (16/5/2022).

 

Pada Angkutan Lebaran ini, KAI tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan akan tetap ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya.

Selama 22 hari masa Angkutan Lebaran tahun ini, seluruh perjalanan kereta api berjalan lancar dan selamat dari stasiun keberangkatan menuju stasiun kedatangan. Namun demikian, KAI konsisten membangun kolaborasi dengan seluruh pemangku kebijakan.

Sehingga, lanjut Supriyanto, dapat terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api. Ke depan, KAI akan terus mengembangkan layanan berupa peningkatan kualitas sarana dan prasarana kereta.

Kemudian, fasilitas-fasilitas di stasiun dan pelayanan kepada pelanggan baik layanan KA Jarak Jauh dan KA Lokal. Tujuannya, agar layanan KA bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Supriyanto menyampaikan apresiasi kepada pelanggan KAI.

Terutama, atas kepercayaannya menggunakan KA sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik dan balik Lebaran tahun ini. Ia turut menyampaikan terima kasih kepada instansi-instansi yang membantu menyukseskan masa Angkutan Lebaran.

"Serta, seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu yang telah mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2022," ujar Supriyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement