Senin 16 May 2022 13:35 WIB

Ini Cara Cek Status Laporan di Instagram

Cara ini menunjukkan daftar laporan yang dibuat untuk kiriman yang tidak sesuai.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Logo Instagram. Begini cara mengecek status laporan di Instagram.
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Logo Instagram. Begini cara mengecek status laporan di Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melaporkan penyalahgunaan daring kerap kali terasa seperti berharap pada idola. Anda melaporkan keluhan dan berharap sejumlah orang mendengarkan serta mencari solusi. Untungnya, Instagram tidak meninggalkan pengguna sepenuhnya dalam keluhan.

Platform berbagi gambar ini memungkinkan pengguna melihat riwayat laporan mereka sehingga Anda dapat melihat kapan tindakan diambil terhadap pelanggar. Hasilnya mungkin sama terlepas dari apakah Anda diberi tahu atau tidak, tetapi setidaknya Anda akan tahu proses keluhan Anda.

Baca Juga

Berikut cara melihat riwayat laporan Anda di Instagram, dikutip Mashable, Senin (16/5/2022).

  1. Buka Instagram
  2. Ketuk ikon profil di sudut kanan bawah layar
  3. Tap ikon hamburger di sudut kanan atas (\"≡\"). Ini akan membuka menu popup
  4. Ketuk “Settings” untuk membuka menu pengaturan Anda
  5. Klik “Help” yang akan membawa Anda ke menu bantuan Instagram
  6. Ketuk “Support requests”
  7. Ketuk “Reports”

Cara ini akan menunjukkan kepada Anda daftar laporan yang Anda buat, termasuk siapa yang membuat kiriman yang dilaporkan, untuk apa Anda melaporkannya, dan tindakan Instagram. Ketuk “Reports” dan Anda akan dapat melihat lebih banyak informasi dan ketuk untuk melihat konten yang dilaporkan.

Jika masalah telah diselesaikan dan Anda tidak puas dengan hasilnya, Anda juga dapat meminta peninjauan beberapa laporan Anda di sini. Ujaran kebencian, pelecehan, dan intimidasi semuanya bertentangan dengan pedoman komunitas Instagram, tetapi masalah seperti itu tetap menjadi masalah di platform. Moderasi platform juga tidak sempurna dengan komentar kasar yang masih lolos.

Selain melaporkan komentar semacam itu di Instagram, Anda dapat mematikan Direct Message (DM) Anda dari orang asing, memfilter kata-kata tertentu, dan membatasi atau menonaktifkan komentar di akun Anda untuk membantu melindungi diri Anda dari toksisitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement