Saturday, 15 Muharram 1444 / 13 August 2022

Wisatawan Hilang di Pantai Pangandaran, Begini Nasibnya Ketika Ditemukan

Senin 16 May 2022 13:30 WIB

Rep: bayu adji p/ Red: Hiru Muhammad

Seorang wisatawan yang dilaporkan tenggelam di Pantai Pangandaran ditemukan pada Senin (16/5/2022). Wisatawan itu ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia.

Seorang wisatawan yang dilaporkan tenggelam di Pantai Pangandaran ditemukan pada Senin (16/5/2022). Wisatawan itu ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia.

Foto: istimewa
korban ditemukan pada sekitar pukul 07.00 WIB di sekitar Cagar Alam Pangandaran

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN--Seorang wisatawan yang dilaporkan tenggelam di Pantai Pangandaran ditemukan pada Senin (16/5/2022). Wisatawan itu ditemukan tim SAR gabungan dalam kondisi meninggal dunia.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung, Supriono, mengatakan, korban ditemukan pada sekitar pukul 07.00 WIB di sekitar Cagar Alam Pangandaran, dekat dengan bangkai Kapal MV Viking. Jarak penemuan korban dari lokasi kejadian awal diperkirakan mencapai 500 meter. "Selanjutnya korban dievakuasi ke RS Pandega Pangandaran untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata dia melalui keterangan resmi, Senin (16/5/2022).

Baca Juga

Komandan Pos Angkatan Laut (Danposal) Pangandaran Kapten Laut Agus Wadyo, mengatakan, awal penemuan itu bermula dari laporan salah satu anak buah kapal (ABK) pada pukul 06.30 WIB. Saksi melihat sesosok benda terapung di sekitar tempat tenggelamnya kapal Viking Pasir Putih Cagar Alam Pantai Barat Pangandaran. Setelah didekati, benda itu ternyata merupakan mayat terapung.

Saksi langsung melaporkan penemuan tersebut ke tim SAR gabungan. Kemudian, sekitar pukul 07.00 WIB, tim SAR gabungan meluncur ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

"Selanjutnya mayat itu dibawa RSUD Pangandaran untuk melaksanakan visum luar sekaligus meyakinkan keluarga korban bahwa mayat yang ditemukan benar yakin keluarganya. Adapun korban bernama Latipudin Bin Warsono (35 tahun), wisatawan asal Cilacap," kata dia.

Sebelumnya, Latipudin dilaporkan tenggelam saat berenang di Pantai Pangandaran pada Rabu (11/5/2022) pagi. Korban merupakan wisatawan asal Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dengan telah ditemukanya korban, operasi SAR ditutup. Selanjutnya unsur SAR kembali ke kesatuan masing-masing.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA