Sunday, 6 Rabiul Awwal 1444 / 02 October 2022

Robot Masjidil Haram Mampu Menjawab Pertanyaan dalam 11 Bahasa

Senin 16 May 2022 12:38 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Fakhruddin

Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa

Masjidil Haram Luncurkan Robot AI Berbicara 11 Bahasa

Foto: The National
Robot beroda empat ini memiliki layar sentuh 21 inci.

REPUBLIKA.CO.ID,RIYADH — Kerajaan Arab Saudi menyediakan robot di wilayah Masjidil Harom Makkah untuk memberikan panduan kepada pengunjung. Robot tersebut menguasai 11 bahasa untuk menjawab pertanyaan dari pengunjung. 

Dilansir dari Arab News pada Senin (16/5), 11 bahasa antara lain bahasa Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, Cina, Bengali, dan Hausa.

Baca Juga

Robot memandu peziarah tentang bagaimana melakukan ritual umrah mereka, mengeluarkan fatwa, menjawab pertanyaan dan memberikan kesempatan bagi orang untuk berkomunikasi dengan ulama dari jarak jauh.

Robot beroda empat ini memiliki layar sentuh 21 inci dan dilengkapi dengan sistem penghentian cerdas yang memungkinkan mereka untuk dipindahkan dengan mudah dan lancar.

Mereka juga memiliki kamera resolusi tinggi yang memberikan kejelasan dalam mentransmisikan gambar, headphone resolusi tinggi, dan mikrofon dengan kualitas tangkapan tinggi yang memungkinkan transmisi suara yang jernih.

Robot bekerja pada sistem jaringan nirkabel Wi-Fi dengan kecepatan 5 GHz yang memungkinkan transmisi data yang cepat dan tinggi.

 

Sumber: https://www.arabnews.com/node/2082706/saudi-arabia

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA