Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Basarnas Cari Wisatawan yang Tenggelam di Pantai Selatan Sukabumi

Ahad 15 May 2022 20:04 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Sebanyak dua orang wisatawan dilaporkan tenggelam di Pantai Citepus Istiqomah, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Ahad (15/5/2022). Di mana dari dua orang tersebut satu orang selamat dan satu orang lagi masih dalam proses pencarian Basarnas.

Sebanyak dua orang wisatawan dilaporkan tenggelam di Pantai Citepus Istiqomah, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Ahad (15/5/2022). Di mana dari dua orang tersebut satu orang selamat dan satu orang lagi masih dalam proses pencarian Basarnas.

Foto: dok SAR Jakarta
Basarnas sempat menyelamatkan satu wisatawan yang terseret di Pantai Sukabumi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak dua orang wisatawan dilaporkan tenggelam di Pantai Citepus Istiqomah, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Ahad (15/5/2022). Di mana dari dua orang tersebut satu orang selamat dan satu orang lagi masih dalam proses pencarian Basarnas.

Dara dari Kantor SAR Jakarta menyebutkan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.10 WIB pada saat salah satu korban yang diketahui bernama Dandi Taufik (26 tahun) sedang bermain air di bibir pantai kemudian tiba-tiba tanpa disadari korban bergeser ke tengah laut. Selanjutnya Riki Irawan (37 tahun) yang ada di lokasi tersebut kemudian berusaha memberikan pertolongan namun naas dirinya ikut terseret ombak.

Beruntung petugas balawista yang ada di kawasan wisata tersebut memberikan pertololongan kepada Riki Irawan (37) sehingga berhasil diselamatkan. Sedangkan Dandi Taufik (26) saat ini masih dalam pencarian oleh unsur SAR Gabungan.

"Kami sudah mengerahkan personil rescue yang akan bergerak bersama unsur SAR gabungan yang ada di lokasi kejadian untuk melakukan pencarian terhadap korban," ujar Hendra Sudirman, Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator dalam operasi SAR. 

Upaya pencarian pada hari ini akan dibagi menjadi 2 (dua) area pencarian dimana tim pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran menggunakan perahu karet di are laut dengan luas area pencarian hingga 2 Nm2. Kemudiam tim kedua akan melakukan pencarian dengan penyisiran melalui jalur darat di sepanjang bibir pantai hingga radius 4 KM.

Unsur SAR gabungan yang terlibat pada hari ini meliputi Pos SAR Sukabumi, Satpolair Polres Sukabumi, Pos TNI AL Palabuhanratu, Damkar Sukabumi, BPBD Sukabumi, Balawista, RAPI lokal1, MRI ACT Sukabumi, Catatan Cakrawala, dan masyarakat.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA