Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Kalimantan Selatan Mulai Berangkatkan Kloter Pertama Haji pada 12 Juni

Sabtu 14 May 2022 00:15 WIB

Red: Nora Azizah

Kalimantan Selatan akan memberangkatkan lima kloter haji tahun ini.

Kalimantan Selatan akan memberangkatkan lima kloter haji tahun ini.

Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Kalimantan Selatan akan memberangkatkan lima kloter haji tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin menyampaikan kelompok terbang (Kloter) haji provinsinya mulai diberangkatkan pada 12 Juni 2022. Menurut dia, di Banjarmasin, Jumat (13/5/2022), pada 4 Juni 2022 keberangkatan perdana haji di Indonesia ke tanah suci. Gelombang pertama keberangkatan haji nasional tahun 2022 ke Madinah.

"Untuk Embarkasi Banjarmasin kloter pertama pada 12 Juni, masuk gelombang pertama keberangkatan haji nasional ke Madinah," paparnya.

Baca Juga

Embarkasi Banjarmasin dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor Banjarmasin akan memberangkatkan 7 Kloter, yakni 5 kloter dari Kalimantan Selatan dan 2 kloter dari Kalimantan Tengah. "Dari tanggal 12 Juni itu mulai berangkat, seterusnya menunggu jadwal lagi," tutur Tambrin.

Sebagaimana keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI jumlah jamaah haji dalam 1 kloter Embarkasi Banjarmasin terdiri dari 360 orang Calon Jamaah Haji (CJH). CJH tersebut terdiri dari 356 orang CJH dan empat orang petugas kloter, yakni, satuorang ketua kloter, satu orang pembimbing ibadah dan dua petugas kesehatan.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 405 tahun 2022 tentang penetapan kuota haji Indonesia tahun 2022, Kalsel mendapatkan kuota sebanyak 1.743 orang dan Kalteng sebanyak 739 orang. Total haji Kalsel dan Kalteng sebanyak 2.482 orang. 

Adapun ongkos haji tahun 2022 di Embarkasi Banjarmasin Kalsel sebesar Rp41.235.290. Menurut Tambrin, hari ini Kementerian Agama dan PT Garuda Indonesia menandatangani perjanjian pengangkutan udara jamaah haji reguler 1443 H/2022 M. 

Perjanjian ditandatangani oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief dan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra. Kedua belah pihak sepakat terkait pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Indonesia dari sembilan embarkasi. Adapun sembilan embarkasi tersebut adalah Aceh, Medan, Padang, sebagian Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Lombok.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA