Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Dinkes Depok Sampaikan Kewaspadaan Lonjakan Kasus Hepatitis Akut

Jumat 13 May 2022 16:43 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Hepatitis akut.

Hepatitis akut.

Foto: Republika
Kegiatan tersebut diselenggarakan secara virtual yang diikuti oleh masyarakat umum.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menyampaikan kewaspadaan lonjakan kasus Hepatitis Akut. Hal itu disampaikan melalui webinar bertajuk Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Dini Lonjakan Kasus Hepatitis Akut. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara virtual yang diikuti oleh masyarakat umum. 

Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati mengatakan, webinar diselenggarakan sebagai upaya sosialisasi kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini lonjakan kasus Hepatitis Akut di Kota Depok. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan  pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat. 

Baca Juga

"Kami juga lakukan untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat dan lintas sektor untuk dapat berperan aktif melalui kesiapsiagaan di setiap lini menghadapi kasus hepatitis yang berpotensi meningkat," ujar Mary saat menyampaikan laporan kegiatan secara langsung di Depok City Operations Room Balai Kota Depok, Jumat (14/5/2022).

Menurut Mary, dalam webinar tersebut menghadirkan satu narasumber yakni, Syarifah Hanum yang merupakan dokter spesialis anak di Rumah Sakit Mitra Keluarga Cibubur. Selain itu, juga ada materi yang disampaikan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok, Elly Farida. Adapun materi yang disampaikan yaitu Sehat Berawal dari Rumah Cinta Keluarga. 

"Semoga dengan materi yang disampaikan dapat menambah pengetahuan masyarakat dan bersinergi bersama dalam upaya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dini lonjakan kasus Hepatitis Akut," jelasnya.

Untuk diketahui, hingga 9 Mei 2022, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan terdapat 15 kasus hepatitis akut di Indonesia. Hal tersebut menjadi kejadian luar biasa karena dapat ditularkan secara facial oral dan berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA