Selasa 10 May 2022 22:50 WIB

Nasdem Sumsel Masukkan Erick Thohir di Bursa Capres-Cawapres

Herman mengaku memiliki kesamaan visi dan misi dengan Erick Thohir.

Nama Erick Thohir makin menguat sebagai kandidat capres/cawapres (ilustrasi)..
Foto: Istimewa
Nama Erick Thohir makin menguat sebagai kandidat capres/cawapres (ilustrasi)..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat Nasdem Sumatra Selatan (DPW Nasdem Sumsel), Herman Deru menginginkan ada calon wakil presiden yang berasal dari Pulau Sumatra. Menurut dia, sosok yang telah menampakkan diri cocok menjadi bakal calon tersebut adalah Menteri BUMN, Erick Thohir.

Herman mengaku memiliki kesamaan visi dan misi dengan Erick Thohir. Dalam beberapa kali kesempatan, Herman dan putra daerah asal Lampung tersebut cukup akrab.

Baca Juga

Herman kerap menemani Erick berkeliling Sumatra Selatan dalam agenda kerja sebagai Menteri BUMN maupun kunjungan pribadinya ke Bumi Sriwijaya. Namun, usulan itu masih bersifat pribadi atau bukan sebagai Ketua DPW Nasdem dan Gubernur Sumsel.

"Tetapi keinginan saya sebagai seorang pribadi ingin, minimal Wakil Presiden berasal dari Sumatra," kata Herman, Selasa (10/5/2022).

Herman menjelaskan, partainya belum menentukan sikap bakal calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung dalam Rakernas Nasdem pada 15-17 Juni, mendatang. Ia mengaku akan tetap menghormati siapa pun calon yang akan diusulkan partainya.

"Kalau mau mengusulkan Capres cuma (Ketua) DPW, jadi (saya) tidak berani," kata Herman.

 

Untuk bursa capres, sebelumnya ada dua nama yang mulai mencari dukungan masyarakat Sumatra Selatan, yaitu Ridwan Kamil (Emil) dan Ganjar Pranowo. Sebagai Gubernur Sumsel, Herman mengaku sempat menemani Gubernur Jawa Barat dan Jawa Tengah itu menyapa masyarakat.

Herman bahkan sempat meminta langsung kepada Emil menjadi arsitek Masjid Raya Sriwijaya. Begitu juga ketika Ganjar berkunjung ke Sumsel untuk bertemu Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama). Emil dan Ganjar sama-sama memanfaatkan momentum ke Sumsel untuk memperkenalkan diri. "(Tapi soal capres) RK dan Ganjar saya tidak ikut-ikut, saya Wapres saja," ujar dia.

DPP Nasdem telah meminta kepada DPW partai itu di seluruh Indonesia untuk menyiapkan tiga nama yang akan direkomendasikan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem di Jakarta. Ketiga nama itulah yang akan diputuskan menjadi bakal bakal capres-cawapres Nadem tahun 2024.

DPW Nasdem Sumsel menargetkan kemenangan di Bumi Sriwijaya. Mereka juga mengusung Herman Deru menjadi Gubernur di periode kedua. Bahkan, Nasdem Sumsel telah merombak struktur kepengurusan DPW.

Pada Jtumat (13/3/2022), Herman mengatakan, Nasdem semakin fleksibel dalam merekrut tokoh potensial untuk mendulang suara menjadi calon legislatif. "Insya Allah dengan struktur kepengurusan yang kuat, Nasdem akan menang pada Pemilu 2024. Partai Nasdem akan menjadi juara," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement