Monday, 17 Muharram 1444 / 15 August 2022

Menhub Sebut Baru 40 Persen Kendaraan dari Sumatra Balik ke Jawa

Sabtu 07 May 2022 19:11 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Sabtu (7/5/2022).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Sabtu (7/5/2022).

Foto: ANTARA/Ardiansyah
Budi Karya khawatir 60 persen kendaraan belum balik bisa menimbulkan macet panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, baru sekitar 40 persen kendaraan yang balik ke Pulau Jawa dari Sumatra pada arus balik Lebaran 2022. "Berdasarkan data tadi pagi baru 40 persen kendaraan yang pulang sehingga masih ada 60 persen lagi yang belum bergerak baik dari Sumatra ke Jawa," katanya di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Sabtu (7/5/2022).

Menurut dia, masih sekitar 60 persen kendaraan yang belum bergerak tersebut merupakan angka yang mengkhawatirkan. Hal itu karena saat arus mudik dengan 37 ribu kendaraan yang bergerak, Pelabuhan Merak di Kota Cilegon, Provinsi Banten, macet hingga 10 kilometer. "Bisa dibayangkan kalau 45 ribu atau 50 ribu kendaraan bergerak di hari yang sama, hal ini bakal jadi permasalahan serius karena pelayanan bisa jadi tidak baik," kata Budi.

Oleh karena itu, lanjut dia, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, seyogianya pemudik yang akan ke Jakarta atau tujuan Jawa lainnya tidak pulang secara bersamaan esok hari. "Tundalah kepulangannya, jangan besok, namun bisa hari Senin atau Selasa pulangnya agar tidak terkena kemacetan," kata Budi.

Budi bersama Jenderal Listyo, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspa Dewi serta pejabat pemerintah daerah terkait secara bersama memeriksaan kesiapan Bandara Radin Inten, Pelabuhan Bakauheni, dan Pelabuhan Panjang pada masa arus balik Lebaran 2022, Sabtu. Mereka mengantisipasi penumpukan kendaraan akibat arus balik.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA