Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Minat Wisatawan Kunjungi Pantai Tinggi, Inilah Antisipasi Pemkab Sukabumi

Kamis 05 May 2022 17:09 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Petugas SAR gabungan mengevakuasi korban tenggelam di pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Kamis, (5/5/2022)

Petugas SAR gabungan mengevakuasi korban tenggelam di pantai selatan Kabupaten Sukabumi, Kamis, (5/5/2022)

Foto: dok SAR Jakarta
Pemkab Sukabumi membentuk relawan sadar wisata guna mengantisipasi keamanan di pantai

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkab Sukabumi berupaya maksimal dalam menghadapi banyaknya wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di momen libur lebaran. Salah satunya dengan memaksimalkan upaya pencegahan terjadinya kecelakaan laut bersama dengan relawan dan aparat kepolisian.

'' Banyaknya pengunjung sebuah bentuk antusias masyarakat setelah dua tahun menghadapi Covid-19,'' ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi kepada wartawan, Kamis (5/5/2022). Sehingga harus dilakukan antisipasi dalam menjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga

Misalnya melalui sosialisasi kepada warga dan dibentuknya Relawan Sadar Wisata (Resata). Khusus untuk resata pemda membantu untuk alat pengeras suara, tempat sampah dan rompi sebagai identitas agar terciptanya tempat wisata yang aman dan nyaman.

Dalam aksi nyatanya ungkap Sigit, pemda bersama relawan Balawista, Resata, dan petugas Basarnas, telah memasang bendera dalam rangka pengingat tanda bahaya di Pantai Citepus, Palabuhanratu. Pemasangan bendera ini sebagai tanda bahaya bagi pengunjung untuk bermain di titik pantai yang rawan kecelakaan laut.

Intinya lanjut Sigit, pihaknya menjaga agar tidak terjadi kecelakaan laut. Pemasangan bendera ini misalnya dilakukan di sepanjang Pantai Citepus untuk mengingatkan agar tetap berhati-hati.

Sigit menuturkan, pemda juga mengimbau seluruh masyarakat yang berkunjung serta pengelola di Pantai Palabuhanratu untuk tetap menjaga Sapta Pesona. Diantaranya menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan.

Sehingga di tahun depan ataupun hari-hari libur biasa, wisata di Sukabumi bisa terus membaik. Harapannya para pengunjung tidak ada kata kapok untuk berwisata di Sukabumi.

Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri menambahkan, bagi para wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi untuk mematuhi imbauan dari petugas di lokasi wisata. '' Kami menghimbau untuk mematuhi keselamatan kendaraan dan pengendara, menjaga kebersihan dan fasilitas tempat wisata,'' kata dia.

Selain itu dengan menjaga ketentraman dan ketertiban demi kenyamanan para wisatawan. Harapannya di lokasi wisata terwujud keamanan dan kenyamanan.

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA