Kamis 05 May 2022 17:08 WIB

Aksi Pemuda Injak Alquran di Medsos Hebohkan Warga Sukabumi

Pemuda bernama Dika Eka yang diduga warga Sukabumi ini juga menantang umat Islam.

Rep: Riga Nurul Iman / Red: Agus Yulianto
Penistaan agama.    (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
Penistaan agama. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Jejaring media sosial (medsos) pada Rabu (4/5) dihebohkan dengan postingan salah seorang warga yang menginjak kitab suci Alquran. Dalam postingan video di Facebook (FB), seseorang yang mengaku bernama Dika Eka yang diduga warga Sukabumi, menantang umat Islam dengan menginjak Alquran.

Dalam keterangan yang diperoleh, aksi itu terekam dalam video berdurasi 14 detik dan viral di masyarakat. "Saya atas nama Dika Eka, dengan sadar, saya tantang semua yang beragama muslim," kata seorang laki-laki dalam video tersebut.

Setelah mengucapkan hal itu, pria tersebut langsung membuka Alquran dan menginjaknya dengan kaki. "Terkait video viralnya di media sosial, saat ini kami sudah komunikasi dengan orang tuanya dan permasalahan ini sudah ditangani oleh Polres Sukabumi Kota," kata Kepala Satuan (Kasat) Intelijen dan Keamanan (Intelkam) Polres Sukabumi Kota AKP Sonson Sudarsono kepada wartawan.

Polisi akan mendalami kasus tersebut dan meminta keterangan pembuat video terkait keaslian dan motif di belakangnya. Selain itu, polisi juga mengaku, memanggil orang tua terduga pelaku.

Sonson menerangkan, pendalaman diperlukan apakah videonya itu apakah benar dia yang membuatnya atau diedit atau seperti apa karena medsos ini bisa direkayasa. Di sisi lain, Sonson meminta, agar masyarakat, khususnya organisasi kemasyarakatan dan tokoh agama, bersabar dan memercayakan penanganan permasalahan ini kepada pihak kepolisian.

"Intinya permasalahan ini sudah ditangani oleh kepolisian dan akan ditindaklanjuti," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement