Kamis 05 May 2022 14:27 WIB

Hong Kong Longgarkan Pembatasan, Kembali Buka Pantai

Kasus Covid-19 di Hong Kong tercatat mulai melandai.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha
People run at a waterfront in Hong Kong, Thursday, May 5, 2022.
Foto: AP Photo/Kin Cheung
People run at a waterfront in Hong Kong, Thursday, May 5, 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Hong Kong pada Kamis (5/5/2022) membuka kembali pantai dan kolam renang dalam pelonggaran pembatasan Covid-19. Sementara itu ibu kota China, Beijing, mulai melonggarkan aturan karantina untuk kedatangan dari luar negeri.

Hong Kong telah menutup tempat-tempat olahraga air di tengah wabah varian Omicron yang sangat menular, namun telah mengurangi pembatasan-pembatasan tersebut karena jumlah kasus baru melandai. Kematian akibat Covid-19 telah turun dari hampir 300 per hari pada Maret menjadi nol dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga

Seperti dilansir laman Washington Post, Kamis, Hong Kong mengizinkan restoran untuk menampung hingga delapan pelanggan ke meja dan masker tidak akan diperlukan selama latihan di luar ruangan. Putaran pelonggaran lebih lanjut dijadwalkan akan dimulai 19 Mei, ketika bar dan klub akan diizinkan untuk dibuka kembali.

Sementara itu restoran di kota China selatan akan diizinkan untuk melayani pelanggan hingga tengah malam. China telah mempertahankan pendekatan garis keras "nol-COVID." Namun telah memberlakukan pembatasan yang tidak terlalu memberatkan di ibu kota daripada di kota-kota lain seperti Shanghai, di mana jutaan orang ditempatkan di bawah penguncian yang ketat.

Beijing kini akan mengharuskan kedatangan dari luar negeri untuk dikarantina di sebuah hotel selama 10 hari, diikuti dengan isolasi rumah selama sepekan. Aturan sebelumnya mengharuskan 21 hari isolasi, setidaknya 14 hari di hotel, diikuti tujuh hari pelaporan kesehatan reguler.

Dengan hanya segelintir penerbangan internasional setiap hari ke Beijing, perubahan aturan tersebut diperkirakan hanya memiliki sedikit efek praktis. Namun, secara simbolis, tampaknya menunjukkan kesediaan untuk berkompromi dengan tuntutan kebijakan yang tidak terlalu mengganggu dan merugikan secara ekonomi.

Namun, ibu kota tidak mau mengambil risiko dan pada Rabu menutup 60 stasiun kereta bawah tanah, lebih dari 10 persen dari sistemnya yang luas, untuk mencegah kemungkinan penyebaran virus. Restoran dan bar terbatas untuk dibawa pulang, pusat kebugaran ditutup dan kelas ditangguhkan setidaknya selama sepekan lagi.

Situs wisata utama di kota itu, termasuk Kota Terlarang dan Kebun Binatang Beijing, telah menutup ruang pameran dalam ruangan mereka dan hanya beroperasi dengan kapasitas sebagian. Distrik telah diurutkan berdasarkan tingkat risiko COVID-19 yang dirasakan di masing-masing, dan orang yang tinggal di distrik dengan kategori tertinggi dilarang meninggalkan kota. Beberapa komunitas di mana kasus ditemukan telah diisolasi.

Semua penduduk diharuskan menjalani tiga tes virus sepanjang minggu karena pihak berwenang berusaha mendeteksi dan mengisolasi kasus tanpa memaksakan semacam penguncian besar-besaran yang terlihat di Shanghai dan di tempat lain. Hasil tes negatif yang diperoleh dalam 48 jam sebelumnya diperlukan untuk memasuki sebagian besar ruang publik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement