Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Dewan Nasional Palestina: Pemukim Israel akan Serang Al-Aqsa

Kamis 05 May 2022 11:58 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi pemukim Israel serang Masjid Al Aqsa, Yerusalem Palestina. Pemukim Israel dikabarkan akan serang Masjid Al Aqsa hari ini, Kamis (5/5/2022)

Ilustrasi pemukim Israel serang Masjid Al Aqsa, Yerusalem Palestina. Pemukim Israel dikabarkan akan serang Masjid Al Aqsa hari ini, Kamis (5/5/2022)

Foto: AP/Mahmoud Illean
Pemukim Israel dikabarkan akan serang Masjid Al Aqsa hari ini, Kamis (5/5/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, RAMALLAH–Dewan Nasional Palestina (PNC) memperingatkan niat pemukim Israel untuk menyerbu masjid Al Aqsa di Yerusalem pada Kamis (5/5/2022).

Mereka ingin melaksanakan rencana mereka mengibarkan bendera Israel di tempat suci umat Islam dan menyanyikan lagu kebangsaan Israel.

Baca Juga

Dilansir dari Wafa News, Rabu (4/5/2022), PNC dalam sebuah pernyataan mengecam serangan lanjutan terhadap Masjid Al Aqsa, termasuk memotong kabel listrik ke pengeras suara masjid.

Serta melecehkan orang-orang Kristen dengan menempatkan penghalang untuk mencegah mereka mengadakan ibadah.

Peringatan ini menekankan bahwa seruan berulang para pemukim untuk menodai Masjid Al Aqsa yang diberkati datang sebagai bagian dari skema pendudukan sistematis Israel.

Mereka mencoba memaksakan narasi yang didasarkan pada mitos agama yang mengklaim bahwa tanah ini milik orang Yahudi.

Dewan Nasional meminta parlemen Arab dan parlemen dunia untuk bergerak dan menekan kekuatan pendudukan untuk menghentikan perang sistematis yang dilakukan terhadap rakyat Palestina dan hak-hak nasional mereka yang seharusnya tidak dapat dicabut.

Menteri Agama Palestina mengutuk pengibaran bendera Israel dan pemutaran lagu kebangsaan Israel di Masjid Al Aqsa, Selasa (3/5/2022). Israel bahkan melarang adzan isya untuk melancarkan tindakannya tersebut. 

Pasukan Israel menyerbu Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki pada Selasa malam dan melarang adzan Isya untuk menyanyikan lagu kebangsaan dan mengibarkan bendera. Tindakan ini bertujuan untuk menandai Hari Peringatan Israel.

Hari Peringatan berlangsung di Tembok Buraq yang juga disebut sebagai Tembok Barat, di mana Presiden otoritas pendudukan Israel Isaac Herzog menyampaikan pidato yang mendesak warga Israel untuk tetap bersatu dalam menghadapi "teror kebencian."

Pidato itu berlangsung menjelang apa yang disebut Hari Kemerdekaan Israel, yang akan dirayakan pada hari Kamis (5/5/2022).     

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA