Kamis 05 May 2022 18:25 WIB

Cara Mendapatkan Verifikasi di TikTok

Pengguna tidak bisa meminta untuk diverifikasi seperti platform media sosial lain.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok). TikTok menawarkan lencana verifikasi biru kecil untuk akun profil tinggi.
Foto: Pixabay
(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok). TikTok menawarkan lencana verifikasi biru kecil untuk akun profil tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sama seperti aplikasi media sosial lainnya, TikTok menawarkan lencana verifikasi biru kecil untuk akun profil tinggi. Tidak ada metode yang ditetapkan untuk mendapatkan lencana verifikasi ini.

Anda tidak dapat meminta untuk diverifikasi, seperti yang Anda lakukan di platform lain. TikTok yang akan memutuskan apakah akun Anda layak untuk diberi lencana verifikasi biru atau tidak.

Baca Juga

Meskipun tidak ada cara untuk secara resmi mengajukan verifikasi di TikTok, layanan jejaring sosial telah menetapkan beberapa hal yang mungkin harus dipenuhi oleh akun agar dapat diverifikasi di TikTok.

Langkah pertama, Anda harus aktif dan posting secara konsisten. TikTok mendefinisikan “aktif” sebagai telah masuk ke akun Anda dalam enam bulan terakhir.

Anda juga harus memiliki konten yang stabil untuk pengikut Anda. Untuk membangun pemirsa, TikTok  merekomendasikan “mengeposkan tiga hingga lima video per pekan” untuk menumbuhkan penonton.

Langkah kedua: jadilah otentik dan pastikan profil Anda lengkap. Penting juga untuk memastikan bahwa profil Anda diisi dan dikonfigurasi dengan benar. Pastikan untuk menyetel akun Anda ke publik dan profil Anda terisi penuh dengan hal-hal berikut: nama, foto, bio, dan minimal satu video.

Dilansir dari Digital Trends, langkah ketiga adalah aktifkan otentikasi multi-faktor dan gunakan email terverifikasi. TikTok menekankan bahwa lencana verifikasi mereka terutama tentang membantu pengguna membedakan antara akun resmi orang-orang penting favorit mereka dan akun palsu. Artinya, sangat penting untuk memastikan bahwa akun Anda perlu diamankan dari orang lain yang akan mencoba mengaksesnya.

TikTok lebih suka Anda memiliki otentikasi multi-faktor dan email terverifikasi. Otentikasi multi-faktor (MFA)  berarti ada langkah ekstra untuk masuk ke akun Anda. Anda akan masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Anda, serta dimintai kode sementara yang hanya dapat Anda akses.

Kode tersebut biasanya hanya tersedia di perangkat yang hanya dapat Anda akses, seperti ponsel Anda. Dengan begitu, bahkan jika orang lain mengetahui nama pengguna dan kata sandi Anda, dengan MFA diaktifkan, mereka tetap tidak dapat mengakses akun Anda karena mereka tidak akan bisa mendapatkan kode sementara itu.

Langkah kelima: ikuti panduan dan ketentuan layanan TikTok. Yang ini agak jelas. Bahkan pengguna centang non-biru biasa diharapkan untuk mengikuti aturan.

Calon akun cek biru diharapkan mematuhi pedoman komunitas dan persyaratan layanan TikTok. Jika Anda tidak mengikuti mereka, ada kemungkinan tidak akan dipertimbangkan untuk verifikasi.

Langkah keenam: jadilah unik. TikTok juga menyebutkan bahwa keunikan sebuah akun adalah salah satu faktor yang mereka pertimbangkan dalam hal verifikasi. Ada baiknya  bahwa video yang Anda bagikan unik sehingga Anda menjadi terkenal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement