Sabtu 30 Apr 2022 23:36 WIB

Pelni Bitung Siapkan Enam Kapal Angkut Pemudik Lebaran 2022

Sebagian besar penumpang dari Pelabuhan Bitung menuju ke Jawa hingga Papua.

Pemudik menaiki kapal yang mengantarkan mereka ke kampung halaman (ilustrasi).
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Pemudik menaiki kapal yang mengantarkan mereka ke kampung halaman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Kepala Cabang PT Pelni Bitung, Sulawesi Utara, Djasman mengatakan, sebanyak enam kapal disiapkan untuk mengangkut penumpang mudik Lebaran 2022. Dua kapa ada di home base, sementara empat kapal lain sedang melintas di Pelabuhan Bitung.

Dia mengatakan, PT Pelni menyiagakan armada kapal mulai H-15 hingga H+15 Lebaran 2022. "Memang untuk arus mudik di Pelabuhan Bitung tidak sebanyak pelabuhan-pelabuhan lainnya, karena di sini mayoritas Nasrani. Kalaupun ada penumpang yang turun mereka menuju ke Gorontalo dan Bolaang Mongondow," kata Djasman di Manado, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga

Sebagian besar penumpang yang naik dari Pelabuhan Bitung menuju ke pelabuhan-pelabuhan di Sulawesi, Jawa, hingga Papua. "Ini kesempatan pulang apalagi situasi Covod-19 yang mulai melandai," ujarnya.

Dinamika arus penumpang yang mudik melalui Pelabuhan Bitung, kata dia, berbeda dengan penumpang yang menggunakan transportasi darat. Semakin mendekat dengan hari raya Lebaran, maka semakin sedikit penumpang yang naik, terkecuali bila tujuannya dekat seperti di Maluku dan Maluku Utara.

"Biasanya mereka mudik lebih awal karena memanfaatkan perjalanan laut butuh waktu cukup lama, hampir sepekan untuk sampai di tujuan. Akibatnya, mereka mempersiapkan diri lebih awal," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement