Jumat 29 Apr 2022 00:27 WIB

Modifikasi Bergaya Klasik Masih Diminati

Gaya klasik sudah lama diminati oleh bikers.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadiran industri modifikasi membuat bikers berpeluang untuk melakukan beragam ubahan pada kendaraanya. Baik itu untuk sekedar memperkuat nuansa yang sudah ada maupun melakukan ubahan tema desain secara menyeluruh.

Mekanik Flash Rabbit Custom (FRC) Garage, Hendra mengatakan, dari beragam gaya modifikasi, ubahan bergaya klasik memang jadi salah satu style yang cukup diminati. "Gaya ini sudah lama diminati. Hanya saja, kini bikers semakin dipermudah dengan adanya beberapa produk baru yang hadir dengan nuansa klasik," kata Hendra kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Sebelum hadirnya produk klasik dari pabrikan, bikers harus melakukan modifikasi yang cukup ekstrim pada motor bergaya kontemporer yang ingin diubah jadi retro style. Modifikasinya terbilang ekstrim karena kunci untuk menonjolkan kesan klasik dilakukan dengan penggantian tangki, kaki-kaki dan pemotongan rangka belakang untuk mengubah desain pada bagian rear end.

Kini, lanjut dia, bikers yang ingin menggunakan motor bergaya klasik telah ditawarkan oleh beragam produk baru. "Tapi, beberapa pengguna motor baru bergaya klasik itu tetap melakukan modifikasi untuk mempertegas karakter sesuai seleranya masing-masing," ujarnya.

Tingginya minat modifikasi bernuansa klasik pun membuat sejumlah produsen part after market dalam negeri menghadirkan part bergaya klasik. Oleh karena itu, bikers pun bisa makin mudah untuk melakukan ubahan baik itu dengan mengandalkan part impor maupun part lokal.

Perkembangan ini juga dinilai berperan dalam membuat modifikasi bergaya klasik terus diminati. "Banyaknya part yang telah tersedia membuat proses modifikasi classic style tak perlu memakan waktu lama. Selain itu, classic style juga diminati karena membuat motor lebih berkarakter tapi tetap nyaman untuk digunakan sebagai kendaraan sehari-hari," ucap mekanik bengkel yang terletak di Cilandak, Jakarta tersebut.

Soal produk bergaya klasik, saat ini terdapat beberapa pabrikan yang juga menjembatani bikers lewat produk-produk retro. Beberapa jenama yang terjun dalam segmen motor classic style diantaranya adalah Royal Enfield (RE), Kawasaki dan Yamaha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement