Kamis 28 Apr 2022 13:21 WIB
SEA GAMES 2021

Emilia Nova Jadi Pembawa Bendera di SEA Games Vietnam

rekam jejak Emilia Nova dinilai bagus dalam SEA Games

Pelari Indonesia Emilia Nova beraksi setelah berhasil menyelesaikan Lomba Lari Gawang 100 Meter Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Senin (9/12/2019).
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Pelari Indonesia Emilia Nova beraksi setelah berhasil menyelesaikan Lomba Lari Gawang 100 Meter Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Senin (9/12/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet lari gawang Emilia Nova didaulat menjadi pembawa bendera Merah Putih pada defile Kontingen Indonesia dalam upacara pembukaan SEA Games 2021 Vietnam yang akan dilaksanakan pada 12 Mei mendatang.

Pemilihan tersebut menandai untuk pertama kalinya atlet perempuan Indonesia ditunjuk menjadi pembawa bendera Merah Putih dalam sejarah partisipasi Indonesia di ajang SEA Games.

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry J Kono menjelaskan pemilihan Emilia sebagai pembawa bendera dilakukan karena berbagai pertimbangan, salah satunya rekam jejak dia dalam multicabang dua tahunan itu. Apalagi SEA Games tahun ini bakal menjadi ajang internasional perdana Emilia setelah cedera.

“Kami memilih Emilia menjadi pembawa bendera Kontingen Indonesia. Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat peduli dan mengedepankan kesetaraan gender. Kami memposisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara,” kata Ferry dalam keterangannya, Kamis (28/4).

Emil, sapaan akrab Emilia, memiliki prestasi cukup dalam keikutsertaanya pada multievent. Ia pernah meraih medali perak pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, serta medali emas di SEA Games 2019 Filipina.

Ferry menuturkan bahwa Panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile. Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri atas CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih dan ofisial.

“Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding,” jelas dia.

Sementara itu, Emil mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera di SEA Games sekaligus menjadi perempuan Indonesia pertama yang membawa bendera dalam ajang tersebut.

“Tentu ini kebanggaan untuk saya. Apalagi setelah saya baru pulih dari cedera, ibaratnya ajang ini menjadi comeback saya. Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia,” kata peraih emas lari gawang 100m SEA Games 2019 itu.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement