Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Sinergi Foundation Ajak Masyarakat Makmurkan 10 Malam Terakhir

Rabu 27 Apr 2022 11:51 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

Sinergi Foundation Ajak Masyarakat Makmurkan 10 Malam Terakhir

Sinergi Foundation Ajak Masyarakat Makmurkan 10 Malam Terakhir

Foto: Sinergi Foundation
'Ada banyak amalan yang bisa dilakukan'

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Sinergi Foundation menggelar acara Tabligh Akbar yang mengusung tema "Ramadhan Produktif Dengan Amalan Di Bulan Suci" di Masjid Daarul Aulia di Kawasan Wakaf Terpadu Teras Lembang Sinergi Land, Senin (26/4/22). CEO Sinergi Foundation, Asep Irawan, dalam sambutannya mengatakan Tabligh Akbar ini digelar guna mengisi kembali energi dalam menjalani 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.

"Sesaat lagi kita akan berada di pengujung Ramadhan. Menjelang akhir bulan suci ini, semangat untuk beribadah harus semakin ditingkatkan. Sebab di 10 malam terakhir ini Allah justru menurunkan keistimewaan melalui malam lailatul qadar," kata Asep dalam siaran pers yang diterima Republika, Rabu 27/4/2022. Karena itu Asep mengajak kepada seluruh pengunjung tabligh akbar di Masjid Daarul Aulia untuk memperbanyak ibadah dan amal, terutama sedekah. Karena bersedekah di bulan Ramadhan amat istimewa ganjarannya.

Dalam event tersebut turut hadir Ketua MUI Bandung sekaligus Ketua Dewan Pembina Sinergi Foundation, Prof. Dr. KH. Miftah Faridl. Pada kesempatan tersebut Miftah menyampaikan kajian terkait produktivitas di bulan Ramadhan. "Banyak muslim di bulan Ramadhan justru memanfatkan waktunya untuk beristirahat karena dalam kondisimenahan lapar dan dahaga. Padahal sejak di masa Rasulullah, umat Islam itu justru sangat produktif," tandas Miftah membuka kajian sore. Ketika itu, umat muslim melaksanakan ibadah dan amal terbaik di cuaca yang bergitu panas. Mulai dari ibadah wajib, sunnah, bersedekah, hingga jihad fisabilillah melawan kafir Quraisy.

"Perang yang terjadi bersama dengan momentum Ramadhan tidak hanya sekali. Ada perang Badar, perang Khandaq hingga perang Tabuk. Karena itu, amat meruginya Muslim jika hanya menghabiskan waktu untuk menanti waktu berbuka, terutama di 10 terakhir bulan Ramadhan," katanya. Di 10 hari terakhir ini Ramadhan ini, ada banyak amalan yang bisa dilakukan. Mulai dari berbagi, sampai memperbanyak shalat qiyamula lail. "Jika bisa jangan sampai terlewat shalat qiyamul lail, sebab Rasulullah saja konsisten melaksanakan qiyamul lail selama 22 tahun," ucapnya.

Maka menjelang 10 hari terakhir Ramadhan ini dalam ikhtiar memakmurkan Masjid Daarul Aulia, turut mengadakan pesantren kilat. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 22 sampai 25 April 2022. 

Dalam rangkaian event Tabligh Akbar ini tak hanya kajian saja tapi juga turut disalurkan donasi dari Madinah Insan Wisata (MIW) sebesar Rp 11.800.000 beberapa waktu lalu dalam bentuk 350 ifthar dan 41 paket sembako untuk disabilitas dan kalangan yang membutuhkan. Juga Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) hadir memberi layanan kesehatan berupa pemeriksaan gula darah, kolestrol dan asam urat. Sinergi Foundation merupakan lembaga pengelola wakaf, zakat, infak, dan sedekah. Dalam ikhtiar memproduktifkan bulan Ramadhan dengan kebaikan, Sinergi Foundation menginisiasi program charity untuk membantu kalangan yang membutuhkan di pelosok nusantara hingga Palestina.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA