Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Cerita Pelajar Muslim Kanada Belajar Berpuasa

Rabu 27 Apr 2022 07:10 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko

Siswa Muslim di Hamilton, Kanada

Siswa Muslim di Hamilton, Kanada

Foto: thespecs
Puasa menjadi sulit ketika siswa lain makan saat makan siang dan istirahat.

REPUBLIKA.CO.ID, PRINCE GEORGE -- Tiga sahabat di Prince George, British Columbia, Kanada, berpuasa untuk pertama kalinya pada Ramadhan 1443 H. Tiga sahabat tersebut ialah Manha Akther yang berusia sembilan tahun, Maryam Hakim yang berusia 10 tahun, dan Fatima Khan yang berusia tujuh tahun.

Ketiganya, yang mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar Southridge, mendiskusikan pengalaman baru berpuasa mereka. "Saya sudah sangat lapar karena ini pertama kali saya puasa full time. Puasa menyenangkan karena pahala Anda di akhir adalah Buka Puasa," kata Akhter, siswa yang duduk di kelas empat, seperti dilansir CBC Kanada, Selasa (26/4).

Baca Juga

"Ketika Anda memasukkan sepotong makanan ke dalam mulut Anda setelah seharian berpuasa, rasanya sangat enak," tambahnya. Akther juga menikmati menghabiskan waktu di masjid pada malam hari untuk shalat tarawih.

"Kami begadang sampai jam 12 malam dan itu sangat menyenangkan karena Anda dapat melihat teman-teman Anda dan kadang-kadang Anda dapat melewatkannya dan menikmati waktu Anda di masjid," kata Akther.

Akther menyarankan puasa untuk minum banyak air dan makan waktu Sahur yang memulai hari puasa selama Ramadhan. "Kamu akan benar-benar haus dan benar-benar lapar, tapi jangan makan terlalu banyak karena jika kamu makan banyak, kamu akan lapar," tutur dia.

Akther mengatakan, Ramadhan dapat memberikan perspektif tentang kehidupan mereka yang tidak memiliki makanan. "Puasa itu seperti kita merasakan bagaimana perasaan orang yang tidak punya makanan, tapi tentu saja kita makan karena terpaksa," kata Akther, yang menantikan momentum Idul Fitri.

Sementara, Hakim mengatakan, puasa menjadi sulit ketika siswa lain makan saat makan siang dan istirahat. Namun, sekolah membuatnya sibuk dan membuat hari tanpa makanan berjalan lebih cepat. Hakim, yang juga duduk di kelas empat SD, mengatakan bagian favoritnya di bulan Ramadhan adalah pergi ke rumah keluarga lain untuk berkumpul. "Menjadi lebih dekat dengan Allah," kata Hakim.

Khan, yang duduk di kelas dua, memulai perjalanan Ramadhannya dengan berpuasa dan buka puasa adalah bagian favoritnya di bulan Ramadhan, bahkan pada hari-hari dia tidak berpuasa. "Saya juga suka berbuka puasa. Saya baik-baik saja, tapi saya masih suka makan," kata Khan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA