Rabu 27 Apr 2022 00:10 WIB

Presiden Finlandia Jalani Pemeriksaan Covid-19

Presiden Finlandia menjalani pemeriksaan karena gejala Covid-19 yang belum sembuh.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Presiden Finlandia Sauli Niinisto (tengah)menjalani pemeriksaan di rumah sakit karena gejala Covid-19 yang belum sembuh
Foto: AP Photo/Emrah Gurel
Presiden Finlandia Sauli Niinisto (tengah)menjalani pemeriksaan di rumah sakit karena gejala Covid-19 yang belum sembuh

REPUBLIKA.CO.ID, HELSINKI -- Presiden Finlandia Sauli Niinisto menjalani pemeriksaan di rumah sakit karena gejala Covid-19 yang belum sembuh. Ia dinyatakan positif virus Corona pekan lalu.

"Kondisi Presiden Republik cukup baik," kata kantor kepresidenan Finlandia dalam pernyataannya, Selasa (26/4).

Kantor kepresidenan menambahkan Niinisto yang berusia 73 tahun akan bekerja jarak jauh. Kabar ini disampaikan saat Finlandia tengah mempertimbangkan untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Niinisto memainkan peran besar dalam prosesnya.  

Keputusannya diperkirakan akan dicapai pekan depan. Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto mengatakan keputusan Finlandia dan Swedia untuk bergabung dengan NATO atau tidak mungkin diumumkan pada waktu berdekatan.

Serangan Rusia ke Ukraina telah memaksa Swedia dan Finlandia mempertimbangkan kembali netralitas militer yang mereka jaga selama puluhan tahun.

"Sekarang Swedia telah memutuskan untuk membawa proses parlementer mereka sendiri, memungkinkan bila keputusan berkaitanuntuk bergabung, bila mereka memutuskannya, akan dilakukan di hari yang sama atau setidaknya di pekan yang sama," kata Haavisto.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement