Gereja Edmonton Sediakan Tempat Sholat Tarawih Sejak Awal Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 26 Apr 2022 16:45 WIB

Gereja McDougall United Church di Edmonton, Kanada menyediakan tempat untuk sholat tarawih selama Ramadhan 2022. Gereja Edmonton Sediakan Tempat Sholat Tarawih Sejak Awal Ramadhan Foto: About Islam Gereja McDougall United Church di Edmonton, Kanada menyediakan tempat untuk sholat tarawih selama Ramadhan 2022. Gereja Edmonton Sediakan Tempat Sholat Tarawih Sejak Awal Ramadhan

Hal tersebut menjadi kesempatan untuk merayakan pluralisme masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, EDMONTON -- Muslim di pusat kota Edmonton, Kanada telah berkumpul di salah satu gereja tertua di Edmonton, McDougall United Church, untuk sholat Tarawih malam sejak awal bulan suci Ramadhan.

“Ini sebenarnya sangat menarik karena Ramadhan ini telah menjadi kesempatan bagi kami untuk semacam eksperimen, mengatasi kekusutan, melihat ruang apa yang berfungsi, ruang apa yang tidak berfungsi, dan kami sedang dalam pembicaraan dengan McDougall sekarang tentang berapa lama sepertinya kemitraan jangka panjang,” kata Yasin Cetin kepada Edmonton Journal.

Baca Juga

Dilansir About Islam pada Selasa (19/4/2022), Cetin, penasihat penjangkauan dan keterlibatan dengan Asosiasi Muslim Kanada (MAC) Edmonton Chapter, mengatakan McDougall United Church mendekati mereka pada Februari tentang merevisi ruang komunitas mereka sebagai pusat komunitas multi-agama.

Umat Islam menyambut baik usulan tersebut, melihatnya sebagai kesempatan untuk merayakan pluralisme masyarakat. “Saya pikir ini sangat istimewa bagi kami di komunitas Muslim yang mengakui bahwa kami telah berada di Prairies pada Perjanjian Enam selama lebih dari 150 tahun untuk berbagi ruang dengan sebuah gereja yang dibangun pada 1911 yang telah ada di sini selama ini, saya pikir menunjukkan persahabatan, pluralisme, kemampuan untuk menghubungkan keyakinan dan menumbuhkan rasa kebersamaan dalam ruang yang telah lama menjadi rumah bagi banyak agama,” ucap Cetin.

Jumat Agung yang lalu, kedua komunitas berkumpul di gereja untuk melaksanakan sholat. Umat Kristen menjalankan ibadah Jumat Agung dan umat Muslim melaksanakan sholat Jumat di berbagai bagian gereja.

“Ini hal yang sangat indah. Berada di ruang seperti McDougall bahkan lebih bermanfaat, hanya karena kami berbagi ruang dengan komunitas yang indah — dan dapat terhubung pada hari-hari seperti Jumat Agung, menurut saya, sangat istimewa,” kata Cetin kepada Edmonton AM dari CBC pada Kamis (21/4/2022).

Sementara itu di Ontario, kelompok Muslim lainnya, Waterdown Muslim Community Center (WMCC) telah menyewa fasilitas gimnasium di Gereja St. James United di Waterdown untuk mengadakan sholat berjamaah.

https://aboutislam.net/muslim-issues/n-america/edmonton-church-hosts-muslims-for-taraweeh-prayers/

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X